Kesehatan Usus Pengaruhi Daya Pikir dan Emosi Anak

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pada usia di atas 1 tahun, kemampuan daya pikir, intelektual, emosi dan sosial anak berkembang sangat pesat. Masa inilah saat yang tepat bagi orangtua memperhatikan asupan nutrisi anak agar ia dapat tanggap secara intelektual, emosi, dan sosial.

Demikian diungkapkan Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc selaku Dokter Pakar Nutrisi dalam temu media “Bebelac Aksi Hebat Ramadan: Nutrisi & Stimulasi Tepat untuk Dukung Anak Tumbuh Hebat” di Jakarta baru-baru ini.

Dijelaskan dr. Saptawati bahwa kesehatan pencernaan merupakan faktor penting, karena dapat memengaruhi penyerapan nutrisi optimal yang dibutuhkan oleh si Kecil.

“Pemenuhan nutrisi secara tepat sesuai kebutuhan setiap tahap usia anak akan mendukung berkembangnya daya pikir dan emosi anak,” kata dr. Saptawati.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa kesehatan saluran cerna mampu memengaruhi kemampuan daya pikir dan emosi si Kecil. Usus adalah organ yang kompleks dan penting.

“Organ ini memiliki 60-70% sel imun, 100 juta neuron dan menghasilkan 95% serotonin tubuh yang memengaruhi mood atau emosi si Kecil,” ujar dr. Saptawati.

Oleh karenanya untuk mendorong anak tanggap secara intelektual dan emosional, anak di atas usia 1 tahun harus terpenuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutriennya, termasuk asam lemak esensial (AA, DHA), asam amino esensial; tambahan vitamin (vitamin A dan D), mineral (Besi dan Seng) dan prebiotik untuk kesehatan saluran cerna.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...