4 Bumbu Dapur Ini Ampuh Normalkan Tekanan Darah

Senin, 20 Mei 2019 - 10:47 WIB

FAJAR.CO.ID–Hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan penyakit yang dapat membunuh secara diam-diam (silent killer) karena tidak menunjukkan gejala. Seseorang yang memiliki hipertensi tidak menyadari kerusakan yang terjadi pada organ-organ internal. Padahal, hipertensi dapat mengakibatkan stroke, serangan jantung, dan kerusakan organ penting internal seperti ginjal.

Hipertensi disebabkan ketika tekanan darah melonjak melampaui batas normal lebih dari 120/80 hingga 140/90. Dalam momentum Hari Hipertensi Sedunia, pada 17 Mei, masyarakat dunia diajak untuk bisa mengendalikan gaya hidup sehat dsn membatasi makanan tinggi garam.

Pemeriksaan tekanan darah secara rutin sangatlah penting untuk mendeteksi kondisi awal yang dapat mengakibatkan stroke dan penyakit jantung. Selain ke pemeriksaan dokter, adakah langkah lainnya untuk mengendalikan tekanan darah?

Dilansir dari NDTV, Senin (20/5), ada 4 bumbu dapur atau rempah yang mampu mengatasi hipertensi dengan alami jika diminum secara rutin. Artinya, tekanan darah bisa teratur di batas normal dengan tetap didukung oleh pola hidup sehat.

Kunyit

Bumbu kuning ini memiliki antioksidan yang kuat. Curcumin di dalamnya melindungi dari disfungsi pembuluh darah. Kunyit juga melindungi arteri jantung, yang paling berpengaruh dari tekanan darah tinggi.

Ketumbar

Natrium yang berlebihan di dalam tubuh menyebabkan kontraksi pembuluh darah yang dapat meningkatkan tingkat tekanan darah. Biji ketumbar bersifat diuretik, mampu mengendalikan tekanan darah.

Kapulaga

Bumbu ini menekan tekanan darah sistolik, diastolik dan gejala tahap-1 hipertensi. Kapulaga merangsang sirkulasi darah dalam tubuh dan menjaga tekanannya tetap terkendali.

7 Tips Cantik Luar Dalam saat Lebaran

Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin yang berpotensi menurunkan tekanan darah dan melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab infeksi. Bawang putih juga mengandung minyak atsiri dan antioksidan yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. (jp)