Gowa Terima WTP untuk Kedelapan Kalinya

Senin, 20 Mei 2019 - 18:27 WIB
Menghadapi Pilkada 2020, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni tak berniat untuk menjadi pesaing Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

FAJAR.CO.ID,SUNGUMINASA— Pemkab Gowa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kedelapan kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Opini tersebut disampaikan langsung Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulsel, Wahyu Priyono saat Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018, di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, Senin, (20/5)

Menurutnya, Pemberian WTP ini sesuai dengan UU No 15 tahun 2004 dan UU No 15 tahun 2006, BPK telah melakukan pemeriksaan atas LKPD tahun 2018.

“Pemeriksaan ini ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan daerah dengan memperhatikan kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan (SAP), kecukupan, pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektifitas sistem pengendalian internal,” ungkapnya.

Dijelaskan Wahyu Priyono, laporan hasil pemeriksaan (LHP) terhadap LKPD ini terdiri dari tiga laporan utama yakni LHP atas sistem pengendalian internal, LHP atas kepatuhan terhadap perundang-undangan dan LHP atas LKPD 2018.

” WTP ini adalah bagian tugas dari BPK sebagai rangkaian akhir dari pemeriksaan, sehingga berdasarkan hasil pemeriksaan yang kami lakukan sejak sebulan lalu, kami dari BPK memberikan opini WTP kepada beberapa pemerintah daerah salah satunya LKPD Kabupaten Gowa,” bebernya.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengungkapkan, prestasi ini merupakan kebanggaan bagi kabupaten Gowa karena mampu meraih WTP kedelapan kalinya secara berturut-turut. (ica)