Hendak ke Jakarta, Rombongan Berbaju Koko asal Madura Disetop di Jembatan Suramadu

Senin, 20 Mei 2019 - 15:10 WIB

FAJAR.CO.ID, SURABAYA–Aparat gabungan dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Ditreskrimsus Polda Jatim dan TNI menggagalkan rencana rombongan dari Sampang, Madura yang hendak menuju Jakarta untuk mengikuti aksi 22 Mei.

Rombongan yang menggunakan satu minibus dan tiga Elf itu disetop di exit Jembatan Suramadu, Senin (20/5) pukul 02.05.

Rombongan itu terdiri atas 54 orang. Mereka mengaku hendak menuju wilayah Ampel, Surabaya untuk selanjutnya menuju Cirebon untuk menziarahi makam Sunan Gunung Jati.

Rombongan yang sebagian besar anggotanya mengenakan baju koko itu, berkukuh untuk melanjutkan perjalanan. Mereka juga menolak tawaran untuk sahur bersama di Polda Jatim.

Sempat terjadi adu argumentasi antara Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Kompol Ahmad Faisol Amin dengan perwakilan rombongan. Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan pun langsung turun ke lokasi untuk berdialog dengan perwakilan rombongan.

Serukan Rusuh 22 Mei, Seorang Pilot Ditangkap Polisi

Dalam dialog tersebut massa sepakat untuk kembali ke Sampang, Madura dengan mobil yang mereka tumpangi. “Teman-teman sepakat kembali ketimbang sahur di Polda Jatim,” ujar Muslimin yang menjadi pimpinan rombongan. (jpnn)