Jelang 22 Mei, Pimpinan Perguruan Tinggi Se-Sulsel Serukan Menjaga Perdamaian

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sebanyak 18 pimpinan yang tergabung dalam forum pimpinan Perguruan Tinggi dan Swasta se-Sulawesi Selatan berkumpul sore tadi.

Mereka berkumpul dalam hal bentuk penegasan menolak seruan aksi 22 Mei 2019 yang digagas kubu pendukung capres 02 Prabowo – Sandiaga Uno. 

Sebagian besar dari mereka menolak seruan itu karena berpotensi memicu kegaduhan.

Pertemuan yang melahirkan ”Pesan Makassar” itu berlangsung di Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Senin, 20 Mei.

“Kami forum pimpinan perguruan tinggi se-Sulawesi Selatan dan perguruan tinggi swasta se-Sulawesi Selatan menghimbau kepada seluruh elemen bangsa Indonesia untuk senantiasa menjaga perdamaian,” kata Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu M.A saat membacakan pesan Makassar.

Dalam kesempatan tersebut disepakati ada tujuh poin. Di antara pesan itu adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur adalah cita-cita bersama bangsa Indonesia.

Selain itu, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan yang disertai semangat persaudaraan merupakan syarat mutlak dalam mewujudkan kedaulatan, keadilan, dan kemakmuran bangsa di tengah kemajemukan.

Unhas sebagai tuan rumah, pimpinan perguruan tinggi yang hadir diantaranya Ketua STIE AMKOP Bahtiar Maddatuang. 

Kampus lainnya seperti,  Universitas Negeri Makassar, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Muhammadiyah Makassar, dan Universitas Islam Negeri Alauddin, STIE Nobel, UKI Paulus, Unibos, Univ Sawerigading, Kepala LL Dikti Wilayah IX, UVRI. 

”Perbedaan pendapat dan sikap politik harus disikapi secara wajar selama bersifat rasional dan proporsional serta berada dalam koridor negara hukum berdasarkan Pancasila dan UUD 45,” lanjut Dwia.

”Saatnya menunjukkan kepada dunia internasional bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat, bangsa yang besar, dan bangsa pemimpin,” tambah Ketua STIE AMKOP Bahtiar Maddatuang. (taq)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...