Keluh Kesah Rossi Seputar Motornya yang Kalah Cepat

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, LE MANS—Valentino Rossi memberikan penilaian yang jujur ​​tentang kemampuan Yamaha M1 2019 setelah pergumulan panjang dengan tiga Ducati GP19 di Grand Prix Prancis di Le Mans. Ia percaya bahwa kecepatan sekarang menjadi perhatian.

Dalam hal kecepatan tertinggi, Rossi adalah yang paling lambat dari 22 pebalap di grid, dan secara teratur kehilangan 6mph dari rider Ducati Andrea Dovizioso.  Tapi tidak semuanya buruk. Rossi mampu menekan ketiga Ducati yang ada di depannya sampai akhir, menandakan peningkatan besar dalam kemampuan Yamaha untuk mengelola ban belakang – kekurangan yang jelas dalam beberapa tahun terakhir.

“Itu adalah balapan yang sulit. Untungnya saya mulai di depan dan awalnya tidak terlalu buruk. Saya mencoba memberikan yang maksimal. Tapi saya tidak cukup cepat. Saya kehilangan terlalu banyak di jalan lurus. Saya kehilangan terlalu banyak akselerasi di tikungan kecepatan rendah. Podium adalah target saya, tetapi sayangnya itu tidak cukup untuk mengalahkan Ducati,” jelasnya di Crash.

Rossi menegaskan, motornya sangat baik untuk dikendarai. “Tetapi tidak cukup untuk mencoba podium. Sepertinya yang lain membuat langkah lain, terutama Honda dan sekarang perbedaannya sangat besar. Dalam semua balapan kami sangat menderita. Yang bisa kita tingkatkan adalah bahwa saya lebih lambat karena suatu alasan. Kita harus membuatnya lebih baik. Saya selalu bertahan, kedua hingga terakhir, terkadang ketiga hingga terakhir, tetapi sangat jauh dari atas,” ujarnya.

Rider veteran Italia itu mengakui mereka memang tidak unggul dalam adu cepat di trek lurus. “Dalam sejarah, sejak 2004 Yamaha tidak pernah fantastis di garis lurus. Tapi sepertinya tahun ini kita kehilangan sangat banyak,” kata Rossi.

Rossi menggunakan fairing aerodinamis di Le Mans untuk kemampuan anti-rodanya. “Dalam kecepatan tertinggi kami kehilangan banyak. Itu sulit, terutama dalam lomba. Anda harus bertarung dengan mereka dan mereka jauh lebih cepat di garis lurus sehingga sulit untuk menyalip. Sepertinya kita sangat menderita di jalan lurus tahun ini. Sepertinya yang lain juga lebih baik. Selebihnya motor baik untuk dikendarai dan saya tetap konstan sampai akhir, tetapi itu tidak cukup,” tegasnya.

“Masalahnya adalah mesin [disegel]. Saya rasa kita tidak bisa banyak meningkatkan tahun ini. Tetapi inilah situasinya. Kami harus memberikan yang maksimal. Kita bisa berjuang untuk tetap di podium. Motornya bagus untuk dikendarai. Kami punya beberapa hal baik. Kita harus melihat dari trek ke trek tetapi inilah kenyataannya sekarang. Kami harus menemukan sesuatu dalam percepatan karena kami kalah di sana. Tapi kita akan lihat,” kunci Rossi. (Crash/amr)

 

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment