Latihan Puasa di Usia 6 Tahun, Cukupkan Kebutuhan Nutrisi

Senin, 20 Mei 2019 - 15:16 WIB
Menajari anak puasa

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR —Berpuasa bisa mulai diajarkan berpuasa sejak pra sekolah. Namun, pastikan kebutuhan nutrisi tercukupi.

Spesialis Anak, Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, dr Jusli Aras MKes SpA mengatakan, dalam Islam anak diawajibkan berpuasa sata usianya telah balig yakni usia 12 tahun. Namun, orang tua sudah harus memberikan latihan berpuasa pada anak sejak usia pra sekolah atau di bawah 6 tahun.

Latihan puasa ini akan membantu anak untuk belajar terbiasa menahan lapar dan haus. Namun, jangan buru-buru mewajibkan anak puasa full. Pertama ajarkan anak untuk bisa bangun sahur dahulu. Pada tahap ini, anak akan belajar untuk terbisa bangun dini hari. Setelah mampu untuk ikut sahur, ajarkan pada anak berpuasa hingga setengah hari. Namun, pastikan anak lebih dahulu tercukupi kebutuhan gizinya.

Pada tahap ini, biarkan anak menahan sebisa mungkin. Ketika dipaksakan, maka anak justru bisa mengalami kelelahan. Orang tua harus melatih anak berpuasa layaknya bermain sambil belajar. Sehingga, tidak menganggap puasa sebagai suatu hal yang menyakitkan. “Anak harus tumbuh baik di lingkungan yang bahagia. Jadikan puasa sebagai hal yang membuat anak bahagia. Dalam tahap ini anak belajar bahwa ternyata ada rutinitas seperti ini untuk umat muslim,” ungkapnya

Ketika usia anak telah memasuki 12 tahun, maka sudah seharusnya anak berpuasa full. Hal ini akan jauh lebih mudah karena anak telah belajar sedari pra sekolah.Ibu perlu memerhatikan konsumsi anak ketika sahur dan berbuka. Jangan membiarkan anak monoton pada satu makanan saja, karena hal ini bisa membuat anak kekurangan gizi dan hipoglikemi atau glukosa darah yang rendah.

Ahli Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Univerisitas Muslim Indonesia, Dr Andi Nurlinda SKM MKes mengatakan, anak-anak sejak usia 7 tahun bisa belajar berpuasa. Ajarkan anak lebih dahulu untuk belajar menahan hingga setengah hari. Hal ini tidak menjadi masalah asal kebutuhan nutrisi anak terpenuhi. “Sebenarnya tidak masalah anak puasa full, karena manusia itu bisa menahan lapar hingga satu minggu. Namun, memang tidak bisa menahan untuk tidak minum. Jadi, pastikan anak tercukupi juga kebutuhan cairannya,” ungkapnya. (dni/aci)