ZNT Ditunda, Kepala Bapenda Makassar: BPHTB Mengacu Harga Transaksi

Senin, 20 Mei 2019 - 20:40 WIB
FOTO: ASHRI/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kepala Bapenda Kota Makassar, Irwan Adnan mengaku, sudah bertemu dengan Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Samad Suhaeb. Dia mendapat instruksi untuk tidak menerapkan ZNT terlebih dahulu. Proses pembayaran tetap berjalan normal. Demikian melakukan validasi seperti biasa.

“Jadi penerapan ZNT ditunda. Jadi sekarang mengacu pada harga transaksi (terhadap pengenaan pembayaran BPHTB),” ujar Irwan, Senin (20/5/2019). “NJOP itu harga dasar. Tidak boleh di bawah NJOP, jadi harus di atas NJOP,” sambungnya.

Disinggung mengenai batas waktu penundaan penerapan ZNT, Irwan bilang, pihaknya menunggu kedatangan pihak KPK. “Mereka datang kemungkinan setelah lebaran,” akunya.

Adapun Ketua Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Sulsel, A. Sengngeng Paula Salahuddin mengakui, mendukung upaya rasionalisasi dasar perhitungan BPHTB. Namun perlu sosialisasi ke publik apabila terjadi perubahan acuan pembayaran BPHTB tidak serta merta seperti yang terjadi sekarang ini.

Kata Paula paling penting adalah Undang-undangnya dulu yang diubah. Karena saat ini masih mengacu pada Perda Kota Makassar nomor 3 tahun 2010 tentang Pajak Daerah Kota Makassar. (smd)