Ini Skenario Perebutan 2 Tiket Liga Champions dari Serie A Italia

0 Komentar

Liga Champions/UEFA

FAJAR.CO.ID, MILAN—Inter Milan gagal mengunci tiket Liga Champions setelah dihajar Napoli di giornata ke-37. Sekarang, persaingan empat besar Serie A memanas dan dua tiket terakhir Liga Champions harus ditentukan di laga pamungkas.

Secara matematis, empat klub kini masih berpeluang mendampingi Juventus dan Napoli yang sudah dipastikan bermain di babak penyisihan grup Liga Champions musim depan. Selain Inter, kans tersebut dimiliki Atalanta, AC Milan, dan AS Roma.

Saat ini, Inter dan Atalanta mengoleksi poin sama, yakni 66. Atalanta yang kemarin berhasil mengimbangi Juventus berhak atas posisi ketiga di klasemen karena unggul head to head atas Nerazzurri, julukan Inter. Sementara Milan dan Roma ada di peringkat kelima serta keenam dengan poin 65 dan 63.

Di giornata terakhir yang akan digelar serentak pada 27 Mei mendatang, Atalanta akan menghadapi Sassuolo, Inter kontra Empoli, Milan versus SPAL, dan Roma berduel dengan Parma. Inter dan Roma bakal tampil di kandang. Sedangkan Atalanta serta Milan akan away.

Sesuai klasemen, Atalanta dan Inter memegang kendali. Kalau memenangkan pertandingan terakhirnya, mereka akan finis di empat besar apapun hasil Milan serta Roma. Akan tetapi, itu tidak mudah karena status dan pentingnya poin bagi lawan mereka.

Atalanta misalnya, sesuai jadwal mereka sebenarnya berstatus tuan rumah saat menghadapi Sassuolo. Hanya saja, mereka harus menggunakan Stadion Mapei, karena Stadio Azzurri d’Italia sedang direstrukturisasi. Kebetulan, Stadion Mapei merupakan kandang Sassuolo sehingga mau tidak mau ini akan jadi partai kandang berasa tandang.

“Liga Champions akan luar biasa, tetapi kita tidak boleh berpikir bahwa itu sudah ada dalam genggaman kita. Saya harap semua penggemar yang kami miliki di Roma (untuk Final Coppa Italia) juga dapat mengikuti kami ke Reggio-Emilia,” kata Pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini di Football Italia.

Meski begitu, pasukan Gasperini kini dalam kepercayaan diri yang sangat tinggi usai menahan imbang Juventus di Turin. Mereka bahkan sempat unggul melalui Josip Ilicic di menit ke-33 sebelum disamakan Mario Mandzukic pada menit ke-80. “Kepercayaan diri kami sekarang sangat tinggi dan itu akan menjadi sangat penting,” tegasnya.

Inter yang kemarin kalah 1-4 di Naples juga dipastikan harus bekerja keras di laga terakhir. Dengan posisi Empoli yang masih rawan terdegradasi, mereka tentu akan tampil habis-habisan untuk mengalahkan anak asuh Luciano Spalletti di Giuseppe Meazza. “Pertandingan berikutnya benar-benar Final. Kami tidak bisa salah,” kata sang pelatih kepada Sky Sport Italia.

“Kami masih memiliki nasib di tangan kami sendiri dan kami masih harus memenangkan pertandingan terakhir. Empoli akan datang untuk memainkan permainan mereka, Milan perlu menang di SPAL, yang juga tidak bisa didapatkan begitu saja,” lanjut Spalletti.

Musim lalu, Inter mengejar dan mengalahkan Lazio di laga terakhir untuk mengamankan tiket keempat. Sekarang, situasi berbalik, Inter harus bersaing dengan tiga klub lain untuk berburu dua tiket sisa. Spalletti sendiri tidak bisa menjelaskan situasi seperti apa yang lebih mudah mereka hadapi.

“Aku tidak melihatnya seperti itu. Kami masih melihat ini sebagai pertandingan mendasar dan kami harus menunjukkan karakter, ketajaman, pikiran jernih, dan kualitas tim yang mewakili kota Milan dan harus kembali ke Liga Champions. Itulah yang harus Anda lakukan jika bermain untuk klub ini,” tegasnya.

Milan sementara itu praktis akan bergantung hasil Atalanta dan Inter. Kalau bisa mengalahkan SPAL dan Atalanta atau Inter tidak menang, mereka akan finis minimal di posisi keempat. Opsi lain, mereka seri dan Inter serta Atalanta kalah dan Roma menang. Skenario ketiga, mereka bermain imbang sedangkan Inter minimal seri dan Atalanta kalah.

Bagaimana dengan Roma? Mereka harus mengalahkan Parma setidaknya dengan lima gol dan Inter kalah 1-0. Pada saat bersamaan, Atalanta tidak kalah sementara Milan keok. Skenario terakhir, mereka mengalahkan Parma, sementara Atalanta, Inter dan Milan semuanya kalah. (amr)

Kamus Lolos Liga Champions
Atalanta lolos jika:
Mereka mengalahkan Sassuolo
ATAU
Mereka imbang dan Inter atau Milan tidak menang
ATAU
Mereka kalah dan Milan tidak menang (kecuali Roma juga menang)

Inter Milan lolos jika:
Mereka mengalahkan Empoli
ATAU
Mereka setidaknya memiliki hasil sama dengan hasil Milan
ATAU
Mereka kalah dan Milan seri
ATAU
Mereka kalah 1-0, Milan kalah dan Roma tapi maksimal dengan selisih empat gol.

AC Milan lolos jika:

Mereka mengalahkan SPAL dan Atalanta atau Inter tidak menang
ATAU
Mereka seri, Inter dan Atalanta kalah dan Roma menang
ATAU
Mereka bermain imbang, Inter bisa menghindari kekalahan dan Atalanta kalah

AS Roma lolos jika:
Mereka mengalahkan Parma dengan setidaknya lima gol dan Inter kalah 1-0, Atalanta bisa menghindari kekalahan dan Milan kalah.
ATAU
Mereka mengalahkan Parma, sementara Atalanta, Inter dan Milan semuanya kalah

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...