Pendirian Ormas Harus Berazas Pancasila

Selasa, 21 Mei 2019 - 18:34 WIB

FAJAR.CO.ID,MAMUJU–Salah satu syarat sebuah organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk dapat didaftarakan melalui Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Hukum dan HAM, yakni harus memiliki asas dan tujuan yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang.

Hal itu disampaikan Kanwil Kemenkumham Sulbar, Harun Sulianto dalam sosialisasi mengenai legalitas pendirian Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) guna menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Kantor Wilayah Kemenkumham Sulbar, Selasa, (21/5).

‘’Ormas akan diberi saksi administratif berupa pencabutan surat keterangan terdaftar dan pencabutan status badan hukum, jika dalam kegiatan ormas bertentangan dengan nilai pancasila dan Undang Undang,’’ kata Harun.

Selain itu Harun Sulianto menambahkan bahwa kegiatan ini juga merupakan salah satu dukungan terkait dengan Rencana Aksi Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tingkat Provinsi Sulawesi Barat. Adapun Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Muh Idris dalam arahannya menyampaikan sosialisasi terkait ormas ini sangatlah penting.

“Dimana banyaknya ormas yang bermunculan namun tidak sesuai dengan nilai Pancasila dan undang-Undang,” kata Idris. Hadir juga Kakanwil Kementerian Pertahanan Provinsi Sulbar, Rudyanto sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut. (*)