Warga Keluhkan Persoalan Parkir, Ombudsman Sulbar Lakukan Ini

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Tim Ombudsman RI Sulawesi Barat menerima keluhan warga terkait penataan parkiran dan penarikan retribusi parkir di pasar regional Mamuju, Selasa (21/5/2019).

Asisten Ombudsman RI, Irfan Gunadi, membenarkan adanya keluhan sejumlah warga terkait kondisi itu. “Warga mengeluh semrawutnya kendaraan di pasar regional Mamuju lantaran tidak memiliki lokasi parkir yang jelas. Sementara setiap harinya di lokasi ini dilakukan penarikan retribusi parkir,” jelas Irfan.

Karena tidak memiliki lokasi parkir, setiap harinya terjadi kemacetan kendaraan yang keluar dan masuk dari area pasar regional Mamuju bahkan terjadi desak-desakan yang rawan menyebabkan terjadinya kecelakaan. Bahkan, mengurangi kenyamanan pengunjung.

Irfan mengaku, kejadian ini sudah dikeluhkan banyak orang yang sering berbelanja di pasar regional Mamuju. Mereka berharap ada pembenahan dilakukan pemerintah daerah melalui instansi terkait.

Lanjut Irfan, warga juga mengeluhkan petugas parkir yang tidak memberikan sobekan karcis. Padahal itu wajib diberikan setelah pengendara membayar retribusi tanpa harus meminta kepada petugas.

Meski terbilang pelanggaran kecil tapi ini bisa berdampak besar jika dibiarkan berlarut-larut. Bahkan menurut Irfan, ini termasuk Maladministrasi penyalahgunaan wewenang untuk tujuan lain.

Menindaklanjuti keluhan warga Tim Ombudsman akan segera melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Mamuju.

Salah seorang warga berinisial HC mengaku sudah sering mengalami kejadian ini, ia harus meminta sobekan karcis kepada petugas.

“Kalau tidak diminta tidak akan diberikan. Saya kadang jengkel juga, memang terbilang kecil hanya Rp2000 namun jika dikali banyak praktik ini berpotensi merugikan PAD,” jelas HC. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...