Xavi Hernandez Pensiun dari Sepak Bola Profesional

Selasa, 21 Mei 2019 - 13:28 WIB
Foto: Twitter Al Saad

FAJAR.CO.ID, DOHA–Xavi Hernandez pensiun dari sepak bola profesional setelah memainkan pertandingan terakhirnya untuk Al Sadd pada Senin malam. Playmaker legendaris itu bermain bola selama 21 tahun, di mana ia menghabiskan 17 musim bersama Barcelona.

Dia memenangkan semuanya di Spanyol. Xavi adalah juara La Liga delapan kali, ia juga menjadi kapten Barca untuk tiga kemenangan Copa del Rey dan empat gelar Liga Champions. Bukan hanya di level klub saja sang gelandang berhasil. Spanyol mendominasi Eropa dan dunia saat Xavi berada di masa jayanya, dan ia pensiun dengan dua gelar Piala Eropa dan satu medali pemenang Piala Dunia.

Dia adalah salah satu pemain sepak bola paling berdekorasi dalam permainan modern dan sekarang saatnya pemain berusia 39 tahun untuk mundur dari lapangan. Tapi dia mungkin tidak akan menghilang. Xavi telah menjelaskan niatnya untuk menjadi pelatih dan menurut media Spanyol AS, dia diperkirakan akan menghabiskan beberapa hari ke depan di Madrid menyelesaikan kursus pelatihan UEFAPro. (GMS/amr)