Infrastruktur Jalan Siap, Mudik Lebaran 2019 Dijamin Lebih Baik

  • Bagikan
FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Mendekati perayaan Idulfitri 1440 H, pemerintah terus mempercepat perbaikan jalan untuk memperlancar arus mudik. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menegaskan kesiapan jalur mudik tahun 2019 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Di samping jalan tol, kesiapan jalan nasional di Pulau Jawa dan Sumatera juga sudah di atas 90 persen. Berdasarkan data PUPR, untuk lintas Utara Jawa, jalan nasional sepanjang 1.341 Km telah dalam kondisi 97 persen. Sementara Lintas Tengah Jawa sepanjang 1.197 Km juga dalam kondisi siap 93 persen. Di lintas Selatan yang sepanjang 888 Km telah siap 98 persen dan pantai Selatan Jawa sudah terhubung 1.267 Km dari total 1.647 km atau telah siap 83 persen.
“Untuk di Pulau Jawa, seluruh ruas jalan tol dan jalan nasional sudah siap dikelola oleh Korlantas Polri arus lalu lintasnya. Menurut kami sudah lebih baik kondisinya dari tahun lalu,” kata Basuki dalam keterangannya, Rabu (21/5).
Basuki menambahkan, Kementerian PUPR juga sudah meresmikan jembatan Kolonel Sunandar sepanjang 170 meter yang menghubungkan Kudus-Demak yang berada di akses vital jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah. Dia menyatakan, jembatan itu dinilai sangat membantu masyarakat karena bisa digunakan dua arah. “Selain itu, dua jembatan di Temanggung (Jembatan Galeh Progo) juga sudah siap dibuka untuk umum,” ujar Basuki. Di sisi lain, kata dia, sejumlah perbaikan jalan dengan perkerasan beton (rigid pavement) di Pulau Jawa juga sudah selesai dan siap dibuka untuk dapat dilewati dalam arus mudik 2019. “Untuk rigid pavement di daerah Kebumen akan dibuka besok karena menunggu umur beton pada tanggal 22 Mei 2019, begitu pula di daerah Prupuk. Jadi dapat dipastikan semua pekerjaan perbaikan akan dihentikan pada H-10 Lebaran,” tuturnya.
Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan