Kebebasan Ekspresi Harus Dilindungi

Rabu, 22 Mei 2019 - 20:14 WIB

FAJAR.CO.ID,JAKARTA–Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia (AII), Usman Hamid, mengatakan Pemerintah Indonesia harus menghormati kebebasan ekspresi setiap warganya yang ingin berkumpul secara damai terkait hasil Pemilu 2019.

Dalam pernyataan resmi di media sosial AII (21/5/2019), Usman menegaskan Pemerintah Indonesia harus memperbolehkan tiap warga negara untuk berdemonstrasi secara bebas dan damai.

“Pihak berwenang di Indonesia harus memperbolehkan orang berdemonstrasi secara bebas dan damai. Aparat keamanan harus menahan diri untuk menggunakan kekuatan yang tidak perlu atau berlebihan maupun mengintimidasi demonstran,” kata Usman.

Terkait adanya laporan bahwa polisi mengintimidasi sejumlah kelompok yang bepergian dengan bus ke Jakarta dan memerintahkan mereka untuk kembali ke rumah dan tidak bergabung dengan massa lain di Jakarta, Usman menyebut hal itu melanggar hak asasi manusia.

“Mencegah orang bergabung dengan protes damai adalah pelanggaran terhadap hak asasi mereka. Setiap orang memiliki hak untuk bergabung dengan orang lain dan mengekspresikan pikiran mereka secara damai.” (bbc/jpnn)