“Nyawa Terancam”, Arsenal Rela Mkhitaryan Absen di Final Liga Europa

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, LONDON—Pelatih Arsenal Unai Emery mengatakan ia menghormati keputusan gelandang Henrikh Mkhitaryan untuk melewatkan final Liga Eropa melawan Chelsea di Baku di tengah kekhawatiran atas keselamatan pemain itu. Tetapi negara tuan rumah Azerbaijan mengatakan kekhawatiran seperti itu tidak berdasar.

Keamanan Mkhitaryan yang berasal dari Armenia diragukan karena konflik yang sedang berlangsung antara Azerbaijan dan negara asalnya. Arsenal telah bekerja dengan UEFA untuk mengamankan pemain mereka, tetapi klub mengatakan setuju secara kolektif dengan Mkhitaryan bahwa ia tidak akan berada dalam skuat untuk final 29 Mei.

“Ini berita buruk, tapi kami tidak bisa berbuat apa-apa untuk masalah ini. Saya berbicara pagi ini dengan Mkhitaryan. Ini keputusan yang sangat pribadi. Dia ingin bermain dan membantu kami, tetapi mereka berbicara, baik keluarga dan dia, dan memutuskan untuk tidak pergi … Saya tidak bisa mendorongnya untuk ikut bersama kami. Saya tidak mengerti masalah politik tetapi saya harus menghormati [keputusannya],” kata Emery.

UEFA mengatakan “rencana keamanan komprehensif” telah dibuat untuk memastikan keselamatan Mkhitaryan di Baku. “Bekerja bersama Arsenal FC, UEFA mencari dan menerima jaminan mengenai keselamatan pemain di Azerbaijan dari otoritas tertinggi di negara itu,” kata badan pengatur sepak bola Eropa dalam sebuah pernyataan.

“Sebagai hasil dari jaminan ini, rencana keamanan yang komprehensif dikembangkan dan diberikan kepada klub. Sementara klub mengakui upaya yang telah dilakukan UEFA dan pemerintah Azerbaijan dalam masalah ini, kami menghormati keputusan pribadi untuk tidak bepergian dengan pemain,” lanjut UEFA.

Asosiasi Federasi Sepak Bola Azerbaijan (AFFA) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak melihat alasan untuk keputusan itu. “Kami sangat menyesali keputusan yang tidak beralasan ini, seperti yang kami pahami, secara kolektif oleh Arsenal, pemain dan keluarganya,” kata AFFA.

Pernyataan itu menambahkan bahwa Azerbaijan telah memberikan semua jaminan yang diperlukan oleh UEFA untuk memastikan keselamatan Mkhitaryan. “Tidak ada alasan apa pun untuk mempertanyakan keseriusan jaminan yang diberikan oleh Azerbaijan ini. Selama dekade terakhir, sejumlah besar atlet Armenia telah mengambil bagian dalam berbagai acara olahraga internasional di Azerbaijan tanpa masalah,” kata AFFA.

Mkhitaryan telah membuat 39 penampilan untuk Arsenal di semua kompetisi musim ini, mencetak enam gol. Pemain 30 tahun itu memenangkan mahkota Liga Europa dengan Manchester United pada tahun 2017. “Ini adalah jenis permainan yang tidak sering muncul bagi kami para pemain dan harus saya akui, sangat menyakitkan bagi saya untuk melewatkannya. Aku akan mendukung rekan timku! Ayo kita bawa pulang,” tulisnya di Instagram.

Mkhitaryan telah memainkan 11 pertandingan selama kampanye Liga Europa Arsenal musim ini dan ketidakhadirannya akan menjadi pukulan bagi klub, yang perlu mengangkat trofi di Baku agar lolos ke Liga Champions musim depan. “Dia tentu saja sangat merindukan kami, karena ia adalah pemain yang sangat penting. Tapi kami memahami keputusannya karena itu berbahaya baginya. Kami akan sangat merindukannya karena ia sangat penting bagi tim kami,” tambah bek Arsenal Stephan Lichtsteiner. (Reuters/The Age/amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...