Terima Hasil Pemilu, SBY Tegaskan Demokrat Wadahi Caleg Gugat ke MK

Rabu, 22 Mei 2019 - 10:57 WIB

FAJAR.CO.ID, SINGAPURA–Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan pidatonya terkait pemilu legislatif (pileg) lewat sebuah video dari Singapura. Ia mengatakan, meskipun perolehan suara dan kursi Partai Demokrat di parlemen menurun, pada prinsipnya ia menerima hasilnya.

“Partai Demokrat harus mewadahi permohonan para caleg untuk melakukan gugatan ke MK karena merasa dirugikan di dapilnya masing-masing, padahal mereka telah berjuang secara gigih, jujur, dan menaati segala UU tidaklah menghalang-halangi sikap kami untuk menerima hasil pemilu 2019 ini,” ujar SBY, Selasa (21/5) malam.

Bersamaan dengan itu Partai Demokrat juga mengucapkan selamat pada partai-partai politik yang memiliki perolehan kursi di DPR yang lebih banyak dibandingkan pemilu 2014 yang lalu.

Namun demikian, SBY mengatakan Partai Demokrat akan menuntaskan evaluasi menyeluruh yang saat ini tengah mereka lakukan. Evaluasi ini dilakukan lantaran mereka melihat banyak permasalahan yang terjadi di pemilu 2019.

Pada saatnya nanti, lanjut SBY, hasil evaluasi ini akan Partai Demorat sampaikan ke pemerintah, termasuk penyelenggara pemilu. Hal itu dilakukan supaya pemilu 2024 mendatang dapat dilaksanakan lebih berkualitas dan lebih demokratis.

“Sehingga tercipta fair play dan rasa keadilan yang sejati bagi para peserta pemilu,” katanya.

SBY menuturkan, pandangan dan saran Partai Demokrat untuk perbaikan dan penyempurnaan pemilu 2024 mendatang akan mencakup sistem UU dan aturan pemilu yang lebih tepat. Termasuk juga pelaksanaan kampanye, pemungutan suara, dan penghitungannya yang lebih kredibel, akuntabel, dan transparan.

“Di atas segalanya kami Partai Demokrat yang Insyaallah akan selalu jadi peserta pemilu dan pencinta demokrasi yang setia sangat menyayangi NKRI. Kami yakin negara juga akan memberikan kasih sayangnya pada kami,” kata Presiden ke-6 RI tersebut.

Jokowi Ketemu Lagi AHY, Ada Apa Ya?

“Dengan doa dan harapan semoga pemilu 2019 ini segera berakhir dengan baik damai dan indah, agar bangsa dan negara kita segera melangkah ke depan untuk membangun hari esok lebih baik,” pungkasnya. (jp)