Xavi Hernandez: Impian Saya Melatih Barcelona

Rabu, 22 Mei 2019 - 10:06 WIB
Xavi Hernadez/EPA

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Mantan kapten Barcelona Xavi Hernandez telah mengkonfirmasi bahwa ia ingin mengelola klub suatu hari nanti saat ia memulai karir kepelatihannya di Al Sadd. Pemain berusia 39 tahun itu kemarin sudah mengakhiri karir bermainnya dengan klub Qatar saat ia memulai karir manajemennya dengan klub.

Namun, ia telah mengkonfirmasi bahwa ia ingin mengambil kemudi di Camp Nou di masa depan. “Ide saya adalah mulai mengelola di sini di Qatar untuk mendapatkan pengalaman,” kata Xavi kepada kantor berita EFE, seperti dikutip oleh Marca.

“Ini akan mengatur saya untuk kembali ke sepak bola Eropa dan ya, semoga saja itu Barcelona, ​​tetapi saat ini saya tidak dalam posisi itu. Saya belum siap untuk mengambil peran semacam ini di tingkat atas dan saya harus dapat mengambil langkah kecil sebelum mencapai tujuan akhir saya,” jelasnya.

Ia mengaku sudah mempersiapkan diri sejak awal untuk beralih profesi sebagai pelatih. “Saya punya banyak ide dan konsep tentang bagaimana saya ingin sepakbola dimainkan dan bagaimana saya ingin meneruskannya kepada para pemain masa depan,” bebernya.

Namun, gaya yang akan diterapkannya tidak jauh dari apa yang sudah diterapkan Barca. “Saya selalu menjadi pengagum berat tentang bagaimana Barcelona bermain, kontrol mereka terhadap permainan dan gaya mereka – itu adalah sesuatu yang ingin saya refleksikan dalam karir saya sendiri sebagai pelatih,” ujarnya. (Football Espana/amr)