PDIP Siap Tinggalkan Kaswadi, Kalatiku, Kr Kio dan Syahban Sammana di Pilkada 2020

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR— Hasil pemilu 2019 menjadi evaluasi besar-besaran PDIP Sulsel untuk pilkada 2020 mendatang. Terkhusus di empat daerah yang mendudukkan kadernya sebagai kepala daerah. Yakni di Soppeng, Pangkep, Gowa dan Toraja Utara.

Sekretaris DPD PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni menyampaikan partainya tidak akan lagi mengusung kepala daerah tersebut yakni Andi Kaswadi Razak (Bupati Soppeng), Kalatiku Paembonan (Bupati Toraja), Kr Kio (Wabup Gowa) dan Syahban Sammana (Wabup Pangkep).

“Mereka tidak berkontribusi bagi partai. Bahkan di Toraja Utara dan Gowa, kursi kita menurun dari 6 ke 4 dan 4 ke 2,” kata Rudy, Kamis, 23 Mei.

Anggota DPRD Sulsel ini menyampaikan laporan tersebut datang langsung dari kader dan ketua partainya di daerah. Bahkan di Soppeng, Rudy mengungkapkan kekecewaannya lantaran Bupati Kaswadi Razak, mengabaikan kader PDIP Husain Djunaid yang telah diusulkan partainya sejak jauh hari.

Husain diusulkan menggantikan kader PDIP lainnya yang menjabat wabup Supriansah, setelah hengkang ke Golkar dan maju sebagai caleg DPR RI. Karenanya, dia memastikan untuk Soppeng tidak lagi mengusung Kaswadi.

“Kami menawarkan Husain Junaid tapi sampai saat ini tidak ditanggapi. Berarti dia sudah tidak ingin dengan PDIP. Kami akan usung kader Pak Andi Mapparemma,” bebernya.

Hal sama dia putuskan untuk Pilkada Pangkep. Dimana kader yang menjabat wakil bupati, Syahban Sammana dianggap tidak berkontribusi bagi partai.

Perolehan kursi PDIP yang meningkat dari awalnya 2 menjadi 3 pada pemilu 2019, murni karena kerja partai dan caleg. “Murni bukan peran eksekutif. Ini berdasarkan laporan DPC di sana,” bebernya.

Di Pangkep sendiri, PDIP sedang menggarap sejumlah figur baru. Di antara yang mencuat adalah Ketua Appindo Makassar, Muammar Muhayyang. Namanya diperjuangkan oleh anggota DPRD Sulsel terpilih dari PDIP Dapil VI (Maros, Pangkep, Barru dan Parepare) Rahmat Muhayyang. “Kami sedang jalin komunikasi dengan DPD. Insyaallah kita akan berkontribusi untuk partai,” kata Rahmat. (nur)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment