Pengendara Keluhkan Truk Pengangkut Tambang Over Kapasitas

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAROS — Pengendara yang melintas di Jalan Poros Moncongloe Lappara mengeluhkan aktivitas angkutan tambang yang mengangkut k aktivitas tambang tanpa menggunakan terpal penutup dan melebihi tonase.

Pasalnya hal ini membahayakan pengendara lainnya terutama pengendara sepeda motor. Hal ini diakui salah seorang pengendara yang melintas dari Maros ke Makassar, Fachmi, Kamis, 23 Mei 2019.

Fachmi mengatakan, saat melintas di Jalan Poros Moncongloe Lappara sempat berpapasan dengan beberapa pengangkut tambang yang melebihi tonase. Tak hanya itu, truk itu tidak menggunakan penutup terpal sehingga merugikan pengendara lain.

“Ini sangat membahayakan bagi kami sebagai pengendara yang berada dibelakang truk pengangkut tanah ini. Debu dari material tanah sangat menggagung pemandangan dan pernafasan kami, itu disebabkan oleh terpal penutup yang tidak difungsikan oleh sang sopir,” ungkapnya.

Menurutnya, harus ada tindakan tegas untuk masalah ini, sebab membahayakan nyawa pengendara. “Sewaktu-waktu material tanah yang over kapasitas dari tongkang truk itu terjatuh ke tanah, maka dapat dipastikan pengendara yang berada dibelakang truk yang kena imbasnya,” akunya.

Adapun menggunakan terpal, kata dia, namun terpalnya kecil dan tanah yang diangkut melebihi tonase sehingga tidak menutupi keseluruhan bagian tanah yang diangkut. (rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...