Pulang Berbuka, 46 Orang Keracunan Massal

Kamis, 23 Mei 2019 - 22:16 WIB
Ilustrasi Korban Keracunan/ Jawa Pos

FAJAR.CO.ID,SOPPENG–Keracunan massal terjadi di Labokong, Kecamatan Donri-donri. Sebanyak 46 warga dilaporkan mengalami keracunan makanan usai menyantap hidangan berbuka dirumah salah satu warga bernama Hj Tahira. Pemilik hajatan juga menderita keracunan.

Kades Labokong, A Mattalatta mengatakan warga dilarikan ke puskesmas Kamis pagi. Rata-rata terkena sejak Kamis, dinihari setelah mereka berbuka puasa bersama.

“Ada 41 orang dirawat didi puskesmas Donri-donri. Ini belum termasuk lima warga yang dirujuk ke RS Latemmamala,”kata A Mattalata, Kamis malam.

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Tidak menular Dinkes Soppeng, Erna mengatakan statusnya ditetapkan kejadian luar biasa (KLB). Rata -rata warga merasakan gejala yang sama seperti, mual, sakit kepala dan menggigil.

“Dugaan awal warga keracunan karena menkonsumsi es buah. Sebab ada satu orang tidak datang berbuka juga keracunan. Es buah dibawakan pulang anaknya,”tambah Erna.

Erna menjelaskan untuk memastikan penyebab keracunan akan diteliti. Sampel makanan yang tersisa dikirim ke BPOM Makassar untuk mengetahui kandungan yang menyebabkan keracunan. (asr)