Tak Lagi Gunakan PMKS, Kemensos Akan Ubah Jadi PPKS

Kamis, 23 Mei 2019 - 18:34 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Sosial (Mensos-RI) Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan akan merubah singkatan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), menjadi Perlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Menurut Mensos, alasan diganti singkatan PMKS menjadi PPKS ini tak lepas dari masukan yang datang dari para penyandang masalah kesejahteraan sosial tersebut.

“Kemungkinan singkatan PMKS akan diganti Perlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS),” kata Mensos saat buka puasa bersama awak media di Jakarta Selatan, Rabu (22/5).

Dijelaskan Mensos, pengusulan untuk diubahnya singkatan ini, agar masalah kesejahteraan sosial ini tidak dianggap sebagai masalah. “Jadi ini ada perbedaan paradigma,” jelasnya.

Politisi Partai Golkar ini pun mengakui, tidak sedikit masalah-masalah sosial tak tertangani secara menyeluruh, serta sulit untuk diintervensi akibat adanya Undang-Undang (UU) Pemerintah Daetah dan UU Otonomi Daerah.

Dengan adanya UU itu, mantan Anggota DPR-RI tiga periode ini mengatakan, kewenangan dan tanggung jawab layanan, dan masalah sosial menjadi tugas Pemda daerah dan provinsi.

Bahkan, di UU ada pasal yang bunyinya meminta Kemensos menyerahkan panti-panti yang dulunya didirikan di bawah ranah Kemensos ke tangan Pemda. Kemensos, lanjut Agus, ditugaskan melaksanakan layanan sosial lanjutan.

“Tetapi banyak pemda yang tidak memberikan perhatian dan tidak peduli,” tutupnya. (RGR/Fajar)