11 Penyerang Incaran Barcelona

Jumat, 24 Mei 2019 - 08:05 WIB
Fernando Llorente masuk dalam daftar buruan Barcelona/Getty Images

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Barcelona akan ditinggalkan Kevin Prince Boateng, Philippe Coutinho, dan Malcom musim panas ini. Sebagai gantinya, Raksasa Catalan memburu pemburu gol baru yang akan mendampingi Lionel Messi dan Luis Suarez.

SAAT ini, ada 11 nama penyerang yang dikait-kaitkan dengan rencana belanja Barca musim panas ini. Selain Antoine Griezmann, juga ada sederat nama penyerang top ataupun yang tengah naik daun di musim 2018/2019.

Untuk nama-nama bintang, ada sosok Harry Kane, Rodrigo, Alexandre Lacazette, Divock Origi, Mohamed Salah, hingga Fernando Llorente. Sementara barisan bomber yang tengah naik daun yang dilirik Blaugrana adalah Luka Jovic, Joao Felix, Maxi Gomez, serta Christhian Stuani.

Banyaknya nama penyerang yang dihubung-hubungkan dengan Barca lantaran klub Catalan itu belum juga mencapai kesepakatan dengan Griezmann. Selain itu, pasukan Ernesto Valverde diklaim memang membutuhkan setidaknya dua penyerang baru musim panas ini, termasuk untuk pelapis Suarez. Dari 11 nama itu, empat penyerang; Gomez, Felix, Llorente, dan Gomez baru muncul di media kemarin.

Untuk Gomez, Barcelona dan Celta Vigo diklaim sedang bernegosiasi. Diario Sport mengutip sebuah laporan di Radio Galega bahwa Celta telah menolak tawaran 25 juta euro dari Blaugrana dan bertahan di angka 40 juta euro. Klausul pelepasan sang striker sendiri adalah 50 juta euro.

Striker asal Uruguay itu menyita perhatian setelah mencetak 17 gol di La Liga musim lalu dalam kampanye pertamanya di sepak bola Eropa. Celta sendiri membeli Gomez dari Sporting hanya dengan 4 juta euro dua musim panas lalu. Gomez total telah mencetak 30 gol di 68 laga La Liga sejak bergabung pada 2017.

Hampir bersamaan, muncul nama bintang muda Benfica, Joao Felix. Pemain berusia 19 tahun itu dimintai Barca setelah tampil menonjol bersama Benfica. Musim ini, striker muda Portugal itu mencetak 20 gol untuk klub yang membantu Benfica memenangkan liga.

Namun, sebuah laporan di Diario Sport menyebutkan Barcelona harus bersaing dengan Manchester City untuk mendapatkan tanda tangan pemain yang diklaim sebagai The Next Cristiano Ronaldo tersebut. Selain itu, klub seperti Manchester United, Atletico Madrid, dan Borussia Dortmund juga ikut menjajaki kemungkinan membeli Felix.

Felix yang bisa beroperasi di sejumlah posisi menyerang punya klausa pelepasan 120 juta euro dimana kontraknya berdurasi hingga 2023. Meski begitu, laporan sebelumnya mengklaim Benfica berusaha untuk meningkatkan klausa ini hingga 200 juta euro dengan kontrak baru.

Barcelona kemarin juga dilaporkan Daily Mail sedang mempertimbangkan untuk memboyong Fernando Llorente. Kontrak penyerang gaek Spanyol itu di Spurs akan berakhir pada akhir Juni dan secara luas diperkirakan akan meninggalkan klub London Utara untuk mencari tantangan baru sebelum pensiun.

Llorente mencetak delapan gol dalam 34 penampilan untuk Tottenham selama kampanye 2018/2019. Penyerang 34 tahun itu juga memiliki banyak pengalaman La Liga, setelah mencetak 88 gol dalam 285 penampilan bersama Athletic Bilbao dan Sevilla. Itu jadi alasan Barca mempertimbangkan namanya.

Sosok keempat yang muncul tengah pekan kemarin yakni Origi. Mundo Deportivo melaporkan, Barcelona percaya bahwa Suarez membutuhkan alternatif. Dan selain striker Valencia, Rodrigo dan penyerang Arsenal, Alexandre Lacazette, nama Origi juga mulai dimasukkan sebagai salah satu kandidat.

Terkait Griezmann sendiri, polemik pembeliannya masih berlanjut. Gelandang Barcelona, Ivan Rakitic menegaskan mendukung pembelian bomber Prancis itu. “Akan luar biasa memiliki Griezmann di tim saya. Saya benar-benar menyukainya meskipun dia berperan menghentikan saya dari mencapai impian saya memenangkan Piala Dunia tahun lalu,” kata Rakitic di Marca.

Rakitic juga membela keputusan Griezmann musim lalu ketika membatalkan kepindahannya ke Barcelona di detik akhir penutupan bursa transfer. “Itu bukan keputusan melawan Barcelona, ​​itu kesetiaannya kepada Atletico Madrid dan saya mengucapkan selamat kepadanya untuk itu,” tegasnya.

Pada saat bersamaan, eks kapten Barca, Xavi Hernandez menganggap Griezmanm bisa menjadi masalah bagi Blaugrana setelah penolakan yang ia lakukan musim lalu. “Saya mengerti apa yang dia lakukan musim panas lalu itu menyakitkan,” kata Xavi kepada Sport. (Marca/Sport/Daily Mail/amr)

Penyerang Yang Diburu Barca

Antoine Griezmann (Atletico Madrid)

Rodrigo (Valencia)

Alexandre Lacazette (Arsenal)

Divock Origi (Liverpool)

Mohamed Salah (Liverpool)

Harry Kane (Tottenham Hotspur)

Maxi Gomez (Celta Vigo)

Joao Felix (Benfica)

Fernando Llorente (Tottenham Hotspur)

Luka Jovic (Eintracht Frankfurt)

Christhian Stuani (Girona)