Ini Daerah yang Terima WTP dari BPK Sulsel

Jumat, 24 Mei 2019 - 16:53 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kantor Perwakilan Sulsel telah menyerahkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk lima daerah, dan satu daerah Wajar Dengan Pengecualian (WDP)

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)  Tahun Anggaran 2018 pada Kabupaten/kota di wilayah Sulawesi Selatan ada lima daerah yang mendapat WTP yakni, Pangkep, Bantaeng, Luwu, Wajo, Sidrap. Dan Takalar Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kantor Perwakilan Sulsel, Wahyu Priyono mengatakan penyerahan WTP dan WDP untuk enam daerah sudah sesuai dengan UU Nomor 15 tahun 2004 dan UU Nomor 15 tahun 2006, BPK melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2018.

“Dengan memperhatikan kesesuaian Standar Akuntansi Pemerintahan, kecukupan informasi laporan keuangan, kepatuhan, dan efektivitas pengendalian intern,” katanya saat memberikan sambutan di Kantor BPK RI, Jumat (24/5/2019).

Kata dia, sesuai dengan mandat pasal 20 dan pasal 21 UU nomor 15 tahun 2004, pemerintah daerah harus melakukan  tindak lanjut atas hasil pemeriksaan BPK.

Berdasarkan peraturan perundang-undangan tersebut dinyatakan bahwa pejabat yang diperiksa wajib menyampaikan jawaban atau memberi penjelasan dalam waktu 60 hari sejak diterimanya LHP. (gun)

Loading...