Jamu Perseru Malam ini, PSM Target Gol Banyak

Jumat, 24 Mei 2019 - 14:03 WIB
Duo pemain asing PSM, Wiljan Pluim dan Eero Markkanen terancam absen. (FOTO:OFISIAL PSM)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — PSM akan menjamu lawannya, Perseru Badak Lampung di Stadion Andi Mattalatta, Jumat malam, 24 Mei. Butuh kemenangan besar untuk merebut posisi puncak klasemen.

Pasukan Ramang masih berada di posisi delapan dengan modal tiga poin. Klub lain sukses menduduki posisi di atasnya lantaran memiliki selisih gol lebih banyak. Posisi puncak dikuasai Bali United yang saat ini mengemas enam poin. Mencetak 3, kebobolan 1.

Mau tidak mau, Wiljan Pluim dkk butuh lebih banyak gol saat menghadapi tim asuhan Jan Saragih itu. Anak asuh Darije Kalezic hanya butuh paling sedikit dua gol agar bisa menggeser posisi Bali United. Sementara Perseru masih berada di peringkat 17, dari 18 kontestan.

Target itu bukan sesuatu muluk-muluk. PSM belum pernah menelan kekalahan dari Perseru dalam lima laga berturut-turut. Uniknya, rekor tak terkalahkan itu pernah diwarnai dengan jumlah gol fantastis, 9-0, dalam laga pramusim. Hanya saja, Perseru kali ini tampil lebih solid dengan beberapa pemain. “Mencetak gol banyak itu keinginan saya. Supaya kita bisa memperlebar jarak. Saya sudah berbicara kepada pemain,” ungkap pelatih PSM, Darije Kalezic, Kamis, 23 Mei.

Kendati demikian, pelatih kelahiran Swiss itu tak ingin buru-buru jemawa. Kekuatan Perseru belum banyak diketahuinya. Ia hanya mendapatkan informasi awal dari laga kontra Tira Persikabo. Meski kalah, Perseru terbukti tetap menyulitkan permainan lawannya.

“Kami tetap ingin melanjutkan tren kemenangan. Paling penting, pemain saya bertanggung jawab dengan kedisiplinan taktik dan mengerahkan 100 persen kemampuannya,” terang mantan pelatih Klub Eredivisie, De Graafschap ini.

Pelatih Perseru, Jan Saragih, optimis menghadapi tuan rumah. Menurutnya, histori pertandingan PSM, termasuk di Piala AFC, memang cukup mengesankan. Prestasi tim tuan rumah itu justru menjadi beban bagi mereka karena harus dipertahankan. Berbeda dengan mereka yang akan bermain lepas, tanpa beban.

“Kita sudah persiapkan kekuatan dan evaluasi hasil kemarin. Jadi, kita mau all out, bermain lepas saja. Tidak ada beban,” tegasnya. (mam/rif-zuk)

PRAKIRAAN PEMAIN
PSM Makassar (4-2-3-1)
Rivky; Beny, Evans, Rahman, Asnawi; Pellu, Klok; Rahmat, Pluim, Zulham; Guy
Pelatih : Darije Kalezic

Perseru Badak Lampung (4-4-2)
Setya; Kurniawan, Kunihiro, Miftah, Syahrul; Fahri, Vidal, Fernandinho, Aulia; Mushafry, Majefat
Pelatih : Jan Saragih