Ketahui 3 Efek Samping Mengonsumsi Jahe Berlebihan

Jumat, 24 Mei 2019 - 14:07 WIB

FAJAR.CO.ID– Jahe merupakan bumbu rempah andalan untuk masakan. Umbian ini juga bisa dicampur dalam minuman penghangat tubuh.

Selama ini, jahe dimanfaatkan sebagai obat. Seperti untuk mengobati sakit kepala, flu, dan sakit perut. Akan tetapi, mengkonsumsi itu harus tetap ada batasannya. Jika terlalu banyak konsumsi, maka akan over dosis dan berdampak bagi kesehatan.

Di sejumlah negara ternyata jahe memang dimanfaatkan sebagai obat alami atau obat tradisional. Dilansir dari NDTV, Jumat (24/5), khasiat jahe bisa berubah menjadi negatif jika dikonsumsi berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi jahe dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Untuk itu, bagi seseorang yang menderita penyakit kronis, ada perlunya berkonsultasi dahulu dengan ahli gizi sebelum menambahkan jahe ke dalam menu obat atau menu minuman. Jangan sampai takaran atau dosis yang dikonsumsi justru memperburuk penyakit yang dialami.

Berikut efek samping dari mengkonsumsi jahe berlebihan terhadap penyakit:

Perdarahan Berlebihan Saat Haid

Jahe dianggap pengencer darah alami. Inilah sebabnya mengapa kaum hawa yang sedang menstruasi mungkin mengalami peningkatan perdarahan jika mereka mengkonsumsi jahe berlebihan dalam makanan mereka. Tindakan pengencer darah jahe ini disebabkan oleh adanya asam salisilat, yang memiliki sifat anti-koagulasi.

Hipoglikemia

Ekstrak jahe dikenal untuk membantu pasien diabetes mengurangi kadar gula darah atau glukosa. Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa aktif utama dari root gingerol yang meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel-sel otot tanpa memerlukan insulin. Karena itu, non-penderita diabetes atau orang yang cenderung memiliki kadar gula darah rendah mungkin bisa menggunakan jahe dengan hati-hati.

Gangguan Pencernaan

Meskipun jahe bagus sebagai obat rumahan yang efektif untuk sejumlah masalah lambung seperti mulas, gas, dan kembung, jika berlebihan mungkin menghasilkan gejala yang berlawanan. Mengonsumsi lebih dari 4 atau 5 gram jahe per hari dapat memicu gas dan kembung. (jp)

4 thoughts on “Ketahui 3 Efek Samping Mengonsumsi Jahe Berlebihan

Comments are closed.