Pascarusuh, DKI Mulai Benahi Fasos dan Fasum yang Rusak

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:21 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Pasca kerusuhan 22 Mei 2019, Dinas Bina Marga DKI Jakarta mulai berbenah atas kerusakan yang timbul. Dari data sementara memang ditemui sejumlah kerusakan, baik itu fasilitas sosial (fasos) maupun fasilitas umum (fasum).

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, pasukannya sejak hari kemarin sudah mulai melakukan perbaikan di sekitar Jalan Wahid Hasyim Jakarta Pusat. Kerusakaan ditemukan banyak menimpa pagar pemisah jalan raya.

Sejak hari kemarin pagar yang rusak sudah mulai diangkat petugas untuk diperbaiki. Namun, ada sebagain yang hilang, entah itu diambil massa atau dicuri pemulung yang lewat.

“Yang di Wahid Hasyim pagar pemisah itu banyak diamuk. Itu lagi kita betulin. Beberapa pagar malah ada di curi,” ujar Hari saat dihubungi wartawan, Jumat (24/5).

Sejumlah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) maupun halte bus juga turut dilakukan pengecekan. Hasilnya tidak ditemukan kerusakan berarti. Hanya separator Moveable Concrete Barrier (MCB) di jalur Busway banyak terguling.

TPPU Bandar Narkoba, BNN Sita Aset Rp6,1 Miliar

“Kita cek yang di halte atau pun yang di JPO, maupun yang MCB yang diguling-gulingkan pembatasnya sudah kita rapihkan,” imbuh Hari.

Sampai saat ini, dijelaskan Hari kerusakan fasilitas umum terparah terjadi di Jalan Wahid Hasyim. Sedangkan di Jalan Jatibaru dan Jalan MH Thamrin tidak terlalu parah.

“Paling parah di Wahid Hasyim. Kemarin yang kita cek di kavling Sudirman nggak terlalu parah. Kalau Jatibaru nggak ada masalah. Thamrin nggak begitu, yang parah tanaman (rusak),” pungkasnya. (jp)