Pensiun, Gelar Profesor Amien Rais Sudah Hilang

Jumat, 24 Mei 2019 - 19:18 WIB
Ketua ‎Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais meminta istilah people power tidak perlu digunakan lagi. (Jpnn/JPG)

FAJAR.CO.ID,YOGYAKARTA–Gelar profesor yang disandang Amien Rais kini dinyatakan telah hilang. Amien Rais adalah salah satu pengajar di Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Terkait hal itu, Ketua Dewan Guru Besar UGM, Koentjoro, mengakui banyak pertanyaan terkait tanggung jawab Amien Rais kepada masyarakat sebagai seorang profesor.

Dia menjelaskan, memang di Gadjah Mada guru besar itu memiliki tiga komisi, satu komisi tentang pendidikan, yang kedua komisi tentang nilai-nilai ke-UGM-an, yang ketiga adalah wawasan kebangsaan.

Namun ia menolak berkomentar mengenai Amien, karena yang bersangkutan sudah pensiun dari UGM.

“Beliau sudah pensiun. Guru besar atau profesor itu adalah jabatan akademik, sehingga ketika beliau itu pensiun maka jabatan akademik sebagai guru besar itu pun sebetulnya juga harusnya hilang,” pungkas Koentjoro, di kampus UGM, Jumat (24/5/2019).

Sementara itu Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Panut Mulyono, menegaskan apa yang dilakukan politisi senior mien Rais bukan tanggung jawab institusinya. Sebab Amien Rais sudah pensiun dari kampus. (detik/eds)