Presiden Barcelona Minta Dukungan untuk Ernesto Valverde

Jumat, 24 Mei 2019 - 03:50 WIB
Ernesto Valverde/EPA

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Presiden klub Barcelona Josep Maria Bartomeu meminta klub untuk mendukung Pelatih Ernesto Valverde. Bartomeu menegaskan bahwa klub sangat senang dengan Valverde yang memenangkan gelar liga back-to-back dan bisa memenangkan gelar ganda berturut-turut dengan kemenangan di final Copa del Rey melawan Valencia.

Ada banyak kritikan untuk pelatih setelah disingkirkan Liverpool di Liga Champions awal bulan ini. Mereka tersingkir secara menyakitkan seperti setahun lalu sama melawan Roma. Itu membuat munculnya spekulasi bahwa Barca membutuhkan bos baru musim panas ini.

“Saya ingin menghargai seseorang yang secara diam-diam dan cerdas membantu tim kami, saya berbicara tentang Ernesto Valverde, yang sepenuhnya kami percayai,” kata Bartomeu kepada senat Barcelona – 1.000 anggota tertua klub – dalam kutipan yang dikutip oleh Marca.

Bagi Bartomeu, Valverdea sudah berhasil memimpin Barca. “Memenangkan La Liga memiliki prestasi luar biasa dan Anda tahu lebih baik dari siapa pun apa yang diperlukan untuk memenangkan divisi ini. Nilai La Liga dan keberhasilan musim ini sesuai dengan kritik internal terhadap apa yang terjadi di Liga Champions, keduanya valid,” ujarnya.

Ia pun mengharapkan dukungan penuh pada Valverde agar klub bisa fokus pada final Copa melawan Valencia pada hari Sabtu. “Kamu mengerti apa arti gelar ganda kesembilan untuk sejarah kita. Ketika musim berakhir, kami bisa bercermin untuk melihat apa yang bisa kami lakukan untuk memenangkan semuanya lagi,” jelasnya.

Ini adalah kedua kalinya presiden klub Barca menyatakan dukungannya untuk mantan bos Athletic Bilbao dalam waktu seminggu. Bartomeu mengatakan kepada wartawan pekan lalu, seperti dikutip oleh El Mundo Deportivo: “Ernesto sudah mengatakan pada hari lain, mendapat dukungan dari presiden dan dewan, karena itu adalah pelatih yang kita inginkan, memiliki kontrak yang berlaku dan kami sangat senang dengan dia.”

“Perencanaan musim depan telah berlangsung selama beberapa waktu, sudah ada pemain yang masuk dan kami akan terus berbicara ketika final Copa berakhir. Sekarang ini tentang para pemain yang pulih dari guncangan mental yang kami derita, tetapi hasil final Copa tidak akan menentukan bagi siapa pun,” kuncinya. (Football Espana/amr)