Alat Pendeteksi Gelombang Air Laut DISDIK Sulsel Terwujud

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Mimpi Dinas Pendidikan Sulsel membuat alat pendeteksi gelombang air laut yang terintegrasi dengan Gong Andalan SMK Sulsel akhirnya terwujud.

Siswa dari UPT Satuan Pendidikan Disdik Sulsel SMK Negeri 3 Gowa berhasil membuat perangkat pendeteksi pasang-surut air laut yang dihubungkan dengan gong yang terletak di kawasan Benteng Port Roterdam Makassar atau di Jl Ujung Pandang.

Menurut agenda yang disampaikan pihak Disdik Sulsel, peresmian pengoperasian alat pendeteksi dini kenaikan air laut tersebut dilakukan, Minggu (26 Mei 2019), oleh Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah.

Perangkat tersebut akan dipasang di laut di kawasan Pantai Losari. Alat ini kemudian akan mendeteksi kenaikan air laut lalu memberikan peringatan dini dengan dentuman Gong SMK Andalan.

“Alhamdulillah anak-anak kami di SMK 3 Gowa sudah menyelesaikan alat pendeteksi tersebut. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Disdik Sulsel untuk peresmiannya,” ungkap Kepala SMK Negeri 3 Gowa, Karnaedi.

Sementara itu Kepala UPT Pengembangan TIK Pendidikan Sulsel, Asqar SE, mengonfirmasi jika peresmian perangkat pendeteksi dan peringatan dini tersebut bakal dilakukan pada Minggu (26 Mei 2019).

“Persiapan sudah dilakukan. Rencananya alat itu dipasang di tengah laut menggunakan kapal latih SMK,” jelas Asqar.

Selain peresmian, menandai pengoperasian juga akan digelar talk show dengan tema peringatan dini gelombang pasang air laut.

Disdik Sulsel sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti BNPB Sulsel dan BNPB Makassar (Pemkot), Tim SAR Unhas, Tagana Dinas Sosial, dan para ahli untuk memastikan bahwa alat tersebut memang dibutuhkan sebagai antisipasi dini atau pencegahan terhadap dampak bencana alam khususnya gelombang pasang air laut. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...