Andalkan Situs Tongkonan, Kampung Ini Disulap Jadi Desa Wisata

0 Komentar

FAJAR.CO.ID.MAKALE — Kampung Bone Lemo Menduruk di Kecamatan Malimbong Balepe jadi perhatian Pemkab Tator untuk dikembangkan jadi desa wisata.

Kawasan perkampungan adat yang sarat dengan tongkonan tua itu berada Lembang ( desa ) Bone yang tertata apik dan unik itu bakal jadi primadona wisata budaya di bagian barat Tana Toraja

Pengembangan kawasan itu diawali oleh kegiatan fasilitasi pembentukan desa wisata yang dilakukan oleh oleh dinas pariwisata dan dinas kebudayaan bersama badan promosi pariwisata daerah Tana Toraja.

” Fasilitasi ini bertujuan untuk mempersiapkan wilayah itu untuk jadi destinasi, kesiapan dari warga untuk menjadikan pariwisata sebagai bagian dari kehidupan mereka, ada peran dan kesadaran untuk menerima para wisatawan, ” jelas Rosvyta Napa Kadis Pariwisata Tator, Sabtu, (25/5).

Kesiapan tersebut menurutnya termasuk dukungan dari para tokoh adat , tokoh agama dan semua unsur dalam wilayah itu. Desa wisata itu juga akan menumbuhkan perekonomian serta tarap hidup warga setempat sehingga mereka dituntut untuk berprilaku bernilai usaha.

Selain pemerhati budaya, kegiatan itu juga melibatkan unsur rohaniawan baik dari protestan maupun Katolik, dan muslim. Konsep dan pengembangan serta promosinya tengah dipersiapkan. (fkt)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar