Anies Baswedan Resmi Buka Festival Jakarta Great Sale 2019

Minggu, 26 Mei 2019 - 09:40 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan resmi membuka perhelatan tahunan Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2019 di Aeon Mall, Jakarta Garden City, Sabtu (25/5).

Mengusung tema ‘Shopping Spirit’ JFGS akan berlangsung mulai 25 Mei hingga 23 Juni mendatang dan diikuti oleh 82 mall/pusat belanja/trade centre, 34 gerai Pasar Jaya Jakmart dan Mini DC, empat hotel, ribuan retailer/toko yang ada di pusat belanja, serta puluhan usaha kecil menengah (UKM) binaan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) DKI Jakarta.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta yang didapuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi penyelenggara, turut menggandeng 13 Asosiasi terkait untuk bersama menyukseskan gelaran FJGS 2019.

Perhelatan FJGS kali ini akan berlangsung meriah karena bertepatan dengan momen ulang tahun DKI Jakarta ke 492 yang jatuh pada 22 Juni 2019, sekaligus menjelang Hari Raya ldul Fitri dan liburan sekolah.

“Tahun ini FJGS secara khusus membidik target kaum milenial dengan mengangkat tema ‘Shopping Spirit’, semangat dalam berbelanja, dalam arti yang positif, yaitu antusiasme,” kata Ellen Hidayat, Ketua Pelaksana FJGS 2019 sekaligus Ketua APPBI DPD DKI Jakarta pada pembukaan FJGS 2019 di Cakung, Jakarta, Sabtu (25/5).

Karena berbelanja, kata Ellen tidak selalu berkaitan dengan perilaku konsumtif, tetapi juga kemampuan untuk memilih produk-produk berkualitas sesuai kebutuhan.

“Antusiasme positif inilah yang ingin kami gelorakan dalam diri kaum muda, generasi milenial yang cenderung selektif dan senang akan sesuatu yang instan dan kemasannya menarik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ellen Hidayat menambahkan, di tengah situasi terkini bangsa Indonesia terutama di Kota Jakarta, ia optimis penyelenggaraan FJGS 2019 akan berjalan dengan lancar dan target penjualan sebesar Rp9,5 trilun dapat tercapai.

Kondisi yang semakin kondusif dengan kerjasama yang sangat baik antara Aparat keamanan dan Pemerintah, membuat para pelaku usaha yakin bahwa masyarakat akan kembali beraktifitas seperti sedia kala dan tidak ada gangguan berarti dalam kegiatan usaha.

“Terutama karena banyaknya kebutuhan masyarakat menyambut Idul Fitri, liburan anak sekolah dan juga persiapan memasuki tahun ajaran yang baru,” jelas Ellen.

Bahkan, lanjut Ellen momen FJGS diharapkan dapat menjadi salah satu ajang perekat silahturahmi antar keluarga, sahabat, dan seluruh elemen masyarakat, karena sepanjang pelaksanaan FJGS 2019, di berbagai pusat belanja tidak saja diadakan kegiatan diskon belanja, tetapi juga ada banyak event baik itu hiburan, edukasi, pameran, bazaar, dan Iain-lain.

“Masyarakat bisa mengisi waktu berkumpul bersama keluarga dalam kegembiraan sambil berbelanja kebutuhannya. Berjalannya FJGS 2019 ini juga menandakan bahwa suasana Kota Jakarta aman, tertib dan lancar,” kata Ellen lebih lanjut.

Berbagai Program acara menarik akan diadakan pada saat FJGS ini adalah program Belanja hingga tengah malam: ā€¯Midnite Sale” oleh 26 mall yang akan berlangsung dalam dua periode yaitu di minggu pertama FJGS 2019 pada 24-26 Mei dan pada minggu ke dua yaitu periode 30 Mei hingga 1 juni 2019 diikuti oleh tujuh pusat belanja.

“Selain litu akan diadakan undian berhadiah Shoppercard di 41 mall, berhadiah tiga unit Motor, dan Shopping Voucher bernilai total Rp100 juta.

Pada FJGS 2019 ini, panitia juga bekerjasama dengan Dekranasda DKI Jakarta untuk menyelenggarakan pameran dan booth penjualan di delapan pusat belanja oleh UKM Binaan Dekranas DKI Jakarta, yaitu di Senayan City, Grand Indonesia, Gandaria City, Kota Kasablanka, AEON Mall Jakarta Garden City, Lippo Mall Puri, Mall Kelapa Gading, dan Lippo Mall Kemang.

Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati mengungkapkan, sebanyak 50 pengrjin binaan Dekranasda DKI Jakarta dilibatkan dalam pameran di mall Jakarta selana FJGS berlangsung. Pengrajin yang dipilih sebelumnya telah dikurasi.

“Tahun ini kami berpartisipasi di delapan mali di DKI Jakarta. Kami memiliki 312 pengrajin binaan yang membuat kerajinan khas Jakarta yang inovatif dan berkualitas,” jelasnya.

Kedepannya, Dekranasda DKI Jakarta akan terus aktif berpartisipasi pada acara-acara serupa. “Tentunya ini adalah salah satu upaya dalam menyediakan wadah bagi perajin untuk berkarya sekaligus memperkenalkan serta memasarkan produk-produknya,” jelas Fery Farhati.

Selain itu, bersama dengan PD PasarJaya, ada 34 gerai Jakmart dan Mini DC yang menyediakan undian belanja berhadiah pada periode 25 Mei – 18 Juni dengan hadiah satu unit motor, dua unit kulkas, tiga unit kompor gas, tiga unit magic com, tiga unit kipas angin, dan 100 voucher belanja.

FJGS 2019 ini juga didukung oleh salah satu Unicorn Indonesia, yaitu Grab Indonesia sebagai sponsor. Executive Director, Grab Indonesia, Ongki Kurniawan menjelaskan, pihaknya memberikan kemudahan mobilitas bagi masyarakat untuk menuju ke FJGS 2019 yang di dukung oleh 82 mall di Jakarta.

Grab memberikan beragam keuntungan mulai dari diskon 50 persen, lobby khusus penjemputan di Kota Kasablanka, Grand Indonesia, dan Lippo Mall Puri untuk Drop Off dan Pick Up, Triple Point Shopper Card bagi pengguna Grab dan penukaran Grab Rewards.

“Partisipasi kami dalam kegiatan ini merupakan wujud komitmen Grab sebagai everyday super app untuk menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan sehari-hari dan menghadirkan lebih banyak Iayanan harian, kenyamanan ekstra, serta aksesibilitas lebih besar untuk para pelanggan,” jelas Ongki.

Tidak saja menyajikan program-program belanja, FJGS 2019 juga menggalang kegiatan sosial. Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, Panitia FJGS 2019 akan mengadakan aksi donor darah masal yang diadakan di 36 pusat belanja di Jakarta sepanjang FJGS belangsung.