6 Tips Aman Makan Gorengan

Senin, 27 Mei 2019 09:27

Baiknya Anda tidak membeli gorengan di luar atau membuatnya sendiri di rumah, pastikan menggunakan minyak yang berkualitas seperti minyak kanola, minyak zaitun, dan minyak wijen.Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak terbaik yang bisa digunakan untuk menggoreng makanan. Dibandingkan jenis minyak lain seperti corn oil, sunflower oil, atau soybean oil, minyak zaitun lebih stabil di suhu tinggi. Artinya, Anda bisa menggunakan minyak zaitun lebih lama dibandingkan minyak lain. Bahkan, bisa turut menjaga kualitas dan nutrisi makanan tersebut.Minyak zaitun yang paling direkomendasikan adalah Virgin atau Extra Virgin. Pastikan juga, minyak yang akan digunakan benar-benar sudah dalam kondisi panas saat digunakan untuk menggoreng agar penyerapan minyak pada makanan tidak berlebih.

3. Buat adonan tepung yang lebih sehat

Bila Anda sering menggunakan tepung serbaguna dalam menggoreng makanan, sebaiknya jangan lagi memakainya. Tepung jenis ini memang banyak digunakan karena bisa lengket di makanan dengan sempurna. Hanya saja ada kandungan gluten di dalamnya, sehingga bisa menyerap banyak minyak. Sebagai alternatif, Anda bisa membuat adonan tepung dari tepung beras atau tepung jagung.

4. Tambahkan sayuran

Walaupun diolah dengan cara digoreng, Anda tetap bisa menambahkan banyak sayuran ke dalamnya. Anda pun tidak akan terlalu merasa bersalah saat memakannya.Contoh gorengan yang bisa Anda tambahkan dengan beragam sayuran adalah tahu isi dan bakwan. Sayuran-sayuran yang bisa digunakan adalah wortel, kecambah, kol, daun bawang, seledri, dan lainnya.

5. Gunakan temperatur yang pas

Temperatur minyak yang pas saat menggoreng makanan bisa membuat gorenganmu jadi lebih sehat. Minyak yang kurang panas bisa menyebabkan makanan menyerap lebih banyak minyak.

Bagikan berita ini:
5
2
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar