Berbagi Keceriaan Ramadan melalui ‘Festival Patungan Untuk Berbagi’

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menjelang Hari Raya Idul Fitri OVO, Tokopedia dan Grab menghadirkan “Festival Patungan Untuk Berbagi” di delapan kota di Indonesia. Sebuah festival yang menampilkan berbagai merchant dan hiburan bagi para pengunjung untuk menikmati perayaan Ramadan.

Di Jakarta, festival ini diadakan pada 25 – 26 Mei 2019 di Parkir Selatan, Senayan. Di tengah keresahan yang terjadi di ibukota, festival ini membawa kembali keceriaan Ramadan, serta mengajak pengunjung berkumpul dan menghidupkan semangat berbagi serta saling bermaafan.

Selain menghadirkan berbagai hiburan, pengunjung festival dapat berpartisipasi dalam acara buka puasa bersama lebih dari 500 anak yatim serta lain menyaksikan penyerahan donasi program “Patungan Untuk Berbagi” yang dilakukan serentak di delapan kota besar di Indonesia. Program donasi masih dibuka hingga 6 Juni mendatang, melalui platform OVO, Tokopedia dan Grab.

Pada Minggu, 26 Mei kemarin Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri acara penyerahan donasi secara simbolis bersama Harianto Gunawan, Direktur OVO, Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia dan Leontinus Alpha Edison, Co-Founder dan Vice Chairman, Tokopedia.

“Ditengah keresahan yang terjadi pekan ini di ibukota, saatnya kita kembali mengingat bahwa pada hakikatnya, kita merupakan bagian dari sebuah komunitas dan keluarga besar,” ujar Anies Baswedan di Senayan Minggu (26/5).

Di bulan Ramadan, kata Anies setiap perbuatan baik dilipatgandakan pahalanya, terlebih saat melibatkan anak yatim dan piatu. Gerakan sosial ini menegaskan pentingnya peran teknologi dalam menyebarkan kebaikan serta menghadirkan dampak positif jangka panjang bagi masyarakat.

“Saya berharap, lebih banyak orang yang akan bergabung dalam kegiatan ini dan menjadi bagian dari masa depan anak yatim dan piatu,” ujar Anies.

Festival Patungan Untuk Berbagi merupakan bagian dari gerakan sosial berbasis digital
terbesar di Indonesia bertajuk ‘Patungan Untuk Berbagi’ yang diumumkan awal bulan lalu,
kolaborasi OVO, Grab dan Tokopedia sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia.

Kampanye ini memudahkan semua masyarakat Indonesia untuk berbagi semangat kebahagiaan di bulan Ramadan melalui donasi lewat platform OVO, Grab dan Tokopedia, untuk mendukung keberlangsungan pendidikan anak yatim piatu di Tanah Air yang difasilitasi oleh Rumah Yatim sebagai penyalur donasi.

Di Festival Patungan Untuk Berbagi ratusan merchants dari OVO, Tokopedia, dan GrabFood akan memanjakan pengunjung dengan banyak pilihan aktivitas, termasuk permainan interaktif dan berbagai kegiatan menarik lainnya. Patungan untuk Berbagi menjadi bentuk komitmen ketiga perusahaan dalam mendorong kemajuan ekonomi digital di Indonesia.

Berdasarkan data dari Survei Sosial Ekonomi
Nasional (SUSENAS) di tahun 2017, masih terdapat 4,4 juta anak Indonesia, termasuk
yatim, piatu dan kurang mampu, yang belum memiliki jaminan pendidikan. Donasi yang
terkumpul nantinya akan disalurkan oleh Rumah Yatim untuk memberikan pendidikan yang lebih layak dan berkesinambungan.

Ketiga perusahaan akan melipatgandakan setiap donasi yang terkumpul, sampai dengan 10 miliar rupiah, menegaskan pentingnya pendidikan untuk yatim, piatu, dan kurang mampu yang menjadi fokus program ini.

Sejak diluncurkan, program #PatunganUntukBerbagi telah berhasil mengumpulkan lebih dari Rp5 miliar lewat platform digitalnya, jumlah tersebut sudah dikalikan dua oleh OVO, Grab dan Tokopedia. Gelombang pertama penyaluran donasi ini disalurkan lewat Rumah Yatim dalam bentuk beasiswa dan perlengkapan sekolah kepada anak-anak yatim piatu dan kurang mampu untuk menjamin pendidikan yang lebih layak dan berkesinambungan.

“Pendidikan merupakan kunci masa depan yang lebih baik, dan kita semua memiliki tanggung jawab untuk memberikan kesempatan setara memperoleh pendidikan yang layak bagi generasi penerus, terlepas dari tantangan ekonomi,” kata Harianto Gunawan, Direktur, OVO.

Melalui Festival Patungan Untuk Berbagi, pihaknya menghidupkan semangat untuk bersatu padu demi pendidikan berkelanjutan bagi anak-anak yatim dan piatu. “Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan pemerintah, seiring dengan berlangsungnya acara ini secara serentak di beberapa kota besar di Indonesia,” ujarnya.

Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia menuturkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk senantiasa memberikan dampak sosial terhadap sesama di bulan Ramadan ini.

“Kami ingin terus menghubungkan kebaikan dan memperluasnya untuk mencakup berbagai kota di Indonesia, termasuk Jakarta. Hal ini membuat kami semakin yakin bahwa program ini dapat menjadi sinergi yang baik untuk terus meningkatkan jiwa berbagi khususnya bagi warga Jakarta,” katanya.

Pada kesempatan yang sama pula Leontinus Alpha Edison, Co-Founder and Vice Chairman,
Tokopedia mengatakan, sebagai perusahaan teknologi ia berharap kehadiran Patungan Untuk Berbagi sebagai kolaborasi platform digital terbesar ini akan semakin mempermudah masyarakat Indonesia dalam berbagi kebaikan.

“Kami berharap dapat mengingatkan lagi dan mendorong semangat berbagi di bulan Ramadan, sekaligus mengajak warga Surabaya dan sekitar untuk dapat memahami, menikmati dan memanfaatkan kemudahan platform digital, tidak hanya untuk transportasi, belanja, transaksi dan keperluan sehari-hari, namun juga untuk
berbagi kebaikan,” pungkasnya.

Festival Patungan Untuk Berbagi diadakan serentak di Jakarta, Bandung, Semarang,
Yogyakarta, Surabaya, Palembang, Medan, dan Makassar. Selama festival berlangsung,
para pengunjung bisa berkontribusi menyumbang dengan memindai QR code yang tersedia di booth Patungan untuk Berbagi.

Pengunjung juga bisa langsung melihat bertambahnya jumlah donasi dalam bentuk parsel yang berisikan barang-barang kebutuhan sekolah. Para pengunjung juga akan dimanjakan oleh puluhan merchants bazaar dan kuliner dari OVO, Tokopedia, dan GrabFood dengan cashback hingga 30%.

Beberapa merchant GrabFood yang dihadirkan di Surabaya termasuk HokBen, Bakmi GM, dan Yoshinoya dan akan dimeriahkan oleh penampilan dari Anji. Kolaborasi tiga perusahaan teknologi ini diharapkan dapat menggerakkan masyarakat Indonesia untuk bersama-sama berkontribusi pada terciptanya perekonomian yang lebih baik.

Salah satunya adalah dengan memutus rantai kemiskinan lewat berdonasi untuk penyelenggaraan pendidikan yang lebih layak dan berkesinambungan bagi jutaan anak
yatim di Indonesia. Kerja sama tiga ekosistem digital terbesar di Indonesia ini diharapkan
mampu menggarisbawahi pemanfaatan teknologi untuk kebaikan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...