Pilih Senam yang Berbasis Gerakan Salat


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR —Puasa bukanlah menjadi alasan untuk meninggalkan olahraga. Bagi yang tidak mampu dan telah lanjut usia, bisa memilih senam berbasis gerakan salat.Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar, Prof Dr dr M Nadjib Bustan MPH menuturkan, seperti namanya senam ini menggunakan teknik gerakan salat. Dimulai dari geraka takbir, rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud hingga melakukan takbir kembali. Gerakan ini bisa dilakukan di mana saja. Dilakukan setiap saat setelah salat. “Bisa sehabis salat lakukan senam ini 10-15 menit. Kalau salat kan kita fokus untuk beribadah kalau senam ini memang untuk kebugaran,” ujarnya.Melakukan gerakan senam ini bisa mendapatkan berbagai manfaat utamanya bagi lansia. Seperti mencegah osteoporosis, memperkuat tulang belakang, dan melemaskan otot.Aktivitas salat juga sebagai bagian dari berolahraga, karena tubuh terus bergerak. Namun, bagi kawula muda yang masih memiliki tubuh fit bisa ditambah dengan olahraga lainnya yang lebih membakar kalori dalam tubuh.Ketika tak sempat berolahraga juga tak masalah. Sebab, kata nadjib, saat tarawih pun tubuh telah melakukan aktivitas olahraga. Sehingga, setidaknya ada kalori yang terbakar di malam hari sehabis berbuka.Sementara itu, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, Dr Andi Asrina SKM MKes menuturkan tak hanya permasalahan berolahraga. Tubuh juga membutuhkan istirahat cukup agar tetap fit dalam menjalani kegiatan seharian. Tidur yang tidak cukup akan membuat tubuh membuat pikiran tidak berkonsentrasi dan menjadi lelah.

Komentar

Loading...