Jurus D.P.D Ala La Nyalla untuk Perkuat DPD-RI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Selain memberikan apresiasi kepada para senator periode 2014-2019, yang telah mendedikasikan tenaga dan pikiran untuk kepentingan daerah, anggota DPD-RI terpilih dari Dapil Jawa Timur, La Nyalla Mahmud Mattalitti meluncurkan gagasan memperkuat peran dan fungsi DPD RI dengan jurus D.P.D.

Dijelaskan La Nyalla, memperkuat DPD dengan jurus D.P.D, diyakini akan mempertegas tiga fungsi politik anggota DPD RI, yakni fungsi Legislasi, Pengawasan dan Representasi. “Sehingga outputnya, keberadaan DPD RI benar-benar dirasakan oleh rakyat di daerah yang diwakili,” tegasnya di Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Mahkamah Konstitusi, lanjutnya memang telah melakukan uji materi UU No. 17 Tahun 2014 tentang Perubahan UU No. 27 Tahun 2009, atau yang dikenal dengan UU MD3, tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD. “Tetapi kan MK hanya mengabulkan sebagian. Sehingga, UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang MD3, oleh banyak kalangan dinilai lebih banyak membahas komposisi pimpinan DPR, MPR dan DPD, ketimbang soal kewenangan DPD RI,” urainya.

Karena itu, dirinya menawarkan konsep strategis dan taktis. Baginya, anggota DPD harus punya roadmap sendiri untuk penguatan fungsi dan peran itu. Salah satu roadmap ini, diakui meneruskan perjuangan teman-teman anggota DPD yang sekarang. Sehingga nantinya, terjadi mekanisme check and balances antara kamar DPR RI, sebagai representasi partai politik dan DPD yang mewakili kepentingan daerah.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : RBA


Comment

Loading...