P2KKN Unhas kerja sama dengan UKM Menggagas Outbond Internasional di Malaysia

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR–Salah satu inovasi teranyar Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) pada level internasional adalah dengan menggagas Outbond Internasional di Malaysia. Hal ini akan direalisasikan pada bulan Juli-Agustus 2019 mendatang.

Program Outbond internasional ini lahir berkat kerja sama antara Universitas Hasanuddin bersama pihak Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) di Selangor. Program yang dicanangkan pada pertemuan antara pihak P2KKN Unhas dan UKM di Selangor (27 Mei 2019), Malaysia tersebut sebenarnya pengembangan dari KKN Internasional Malaysia sejak tahun 2018 ini dikembangkan lebih luas menjadi kerjasama dalam bentuk program World Class University (WCU) Unhas.

Menurut Kepala P2KKN Unhas, Muhammad Kurnia, S.Pi., M.Sc., Ph.D., menjelaskan, program KKN Internasional khususnya kerja sama dengan UKM akan dikembangkan ke ranah penelitian dan pendidikan. Jadi mahasiswa tidak hanya mengabdi pada masyarakat yang ada di negara Malaysia, tetapi juga akan melaksanakan kegiatan pendidikan dan penelitian.

“Kegiatan pendidikan akan dilakukan dalam bentuk aktivitas pembelajaran kepada anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ber-status stateless dan international public lecturer. Kemudian mahasiswa dan supervisor KKN juga akan melakukan penelitian kolaborasi di lokasi KKN,”bebernya.

Pada lain pihak, Prof. Assoc. Abd. Hair bin Awang selaku perwakilan dari UKM menyambut dengan sangat baik program ini. Beliau mengapresiasi dengan baik ide-ide program yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Unhas. Bahkan pihak UKM akan memfasilitasi mahasiswa KKN Internasional Unhas untuk belanja 4 SKS (Satuan Kredit Semester) selama mahasiswa berada di UKM. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Internasional akan diakui sebagai mahasiswa UKM selama mereka berada di Malaysia.

Lebih lanjut koordinator program KKN Internasional Unhas, drg. Fuad Husain Akbar, M. Kes., Ph.D., menegaskan, program KKN Internasional Malaysia ini ditargetkan untuk menghasilkan luaran penelitian yang kelak akan dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi.

Di samping itu, mahasiswa juga akan melakukan outbond internasional dengan melakukan benchmarking pendidikan ke beberapa tempat seperti kota Putra Jaya, Siber City, dan sebagainya. Dan Alhamdulillah program ini didukung penuh oleh Wakil Rektor Unhas bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan (Prof. dr. Muh. Nasrum Massi , Ph.D) sebagai bagian dari program WCU Unhas. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...