Ratna Sarumpaet Harap Bebas dari Jeratan Hukum

Selasa, 28 Mei 2019 - 09:18 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong, Ratna Sarumpaet menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (28/5). Agenda sidang kali ini yaitu pembacaan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Pukul 08.27 WIB, Ratna sudah nampak di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan didampingi putri keempatnya Atiqah Hasiholan. Sebelum masuk ruang persiangan, Ratna mengatakan dalam kondisi sehat. Di persidangan kali ini dia hanya memiliki satu harapan. Yakni terbebas dari ancaman pidana. “Ya bebas. Harapan apa lagi,” kata Ratna.

Aktivis kemanusiaan ini mengaku tidak memiliki persiapan khusus jelang persidangan. Namun dia memastikan sudah siap mendengar apapun tuntutan yang diarahkan kepadanya. “Persiapan moral aja. Ya iyalah harus siap (dengar tuntutan JPU),” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Ratna sempat ditanya terkait diperiksanya Hanum Rais untuk perkara yang dihadapinya. Namun, Ratna enggan menanggapinya, dia lebih memilih fokus untuk persidangannya. “Wah aku fokus dulu ke sini ya. Nggak mau bicarakan itu,” pungkasnya.

Ditahan KPK, Eks Dirut PLN Bakal Lebaran di Rutan

Diketahui, Ratna didakwa dengan Pasal 14 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana. Serta Pasal 28 Ayat (2) jo Pasal 45 A Ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Kasus ini mulai muncul pada Oktober 2018. Saat itu foto lebam wajah Ratna Sarumpaet beredar luas di media sosial. Kepada beberapa pihak, Ratna mengaku jadi korban pemukulan orang tidak dikenal di Kota Bandung, Jawa Barat.

Kemudian pada 3 Oktober 2018, Ratna membuat pernyataan ke publik melalui konferensi pers media massa bahwa berita penganiayaan terhadap dirinya adalah bohong. Dia mengakui luka lebamnya di dapat dari operasi plastik di sebuah rumah sakit kecantikan di Jakarta. (jp)