Jelang Lebaran Penjualan Tiket dan Hotel Melonjak

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Selain berbagi, bulan Ramadan juga identik dengan persiapan liburan maupun mudik. Data Mister Aladin untuk Ramadan tahun ini menunjukkan bahwa 85% dari total transaksi hotel dan tiket pesawat adalah pemesanan untuk destinasi di Pulau Jawa, seperti Yogyakarta, Semarang – Solo, dan Surabaya.

Sekitar 20% sisanya adalah untuk destinasi di pulau lainnya, seperti Medan, Pekanbaru, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, dan Ujung Pandang.

Pendapatan Mister Aladin di bulan Ramadan tahun ini juga mengalami peningkatan dibanding tahun lalu, yaitu sebesar dua kali lipat. Hal ini didukung oleh peluncuran fitur Kereta Api di Mister Aladin sejak Mei 2018.

Destinasi yang menjadi favorit para konsumen antara lain adalah Bandung, Cirebon, Purwokerto, Tegal, Semarang, Solo, dan Surabaya.

Selain peluncuran fitur Kereta Api, pertumbuhan hotel yang meningkat pesat di Indonesia juga turut meningkatkan transaksi pemesanan hotel sebanyak 1,5 kali lipat di Mister Aladin.

Melihat kecenderungan ini, Mister Aladin pun semakin menggenjot pendapatan dengan memberikan beragam promo, khususnya di tengah tahun dan menjelang masa liburan Idulfitri seperti ini.

“Dibandingkan 2018, tahun ini kami memberikan promo yang lebih beragam, antara lain diskon reguler hingga Rp1,8 juta, promo Early Bird untuk periode menginap selama libur Lebaran, dan promo Last-Minute Booking yang membuat konsumen berhemat hingga 40% untuk menginap di hotel mana pun,” kata Veranika Gunawan, Chief Executive Officer Mister Aladin di Jakarta, Selasa (28/5).

Selain memberikan promo yang lebih beragam, Mister Aladin juga memiliki target meluncurkan produk baru di tahun ini sambil terus meningkatkan pelayanan terhadap konsumen.

“Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengamati perilaku konsumen saat melakukan transaksi,” kata Veranika.

Data Mister Aladin menunjukkan perbedaan perilaku konsumen dalam memesan hotel dan tiket pesawat maupun kereta. Sekitar 47% dari total konsumen memilih metode pembayaran kartu kredit saat memesan hotel dan 45% konsumen menggunakan metode Instant Transfer saat memesan tiket pesawat dan kereta api.

Lebih lanjut Veranika mengungkapkan, perilaku konsumen dalam bertransaksi di Mister Aladin menjadi panduan bagi platform online ini dalam meningkatkan layanan.

“Dengan mengetahui preferensi konsumen, kami bisa mengetahui langkah apa yang akan kami ambil untuk memberikan solusi perjalanan yang nyaman, praktis, dan pastinya hemat bagi para konsumen,” pungkas Veranika.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...