KKN Internasional Malaysia, Wujud Nyata World Class University bagi Unhas

1 Komentar

FAJAR.CO.ID,MALAYSIA–Hari ke-2 perjalanan tim P2KKN Unhas di Malaysia (29 Mei 2019) berlanjut sampai di Kampung Sri Makmur, Maran, Pahang Malaysia yang terletak sekitar 200 km dari Kuala Lumpur. Tim P2KKN Unhas yang terdiri dari Kepala P2KKN, Muhammad Kurnia, S.Pi., M.Sc., Ph.D., didampingi para supervisor KKN Unhas, drg. Fuad Husain Akbar, M.Kes., Ph.D., Awaluddin, SKM., M.Kes., dan Nosakros Arya, S.Sos., M.I.Kom diterima langsung oleh Kepala Kampung Sri Makmur beserta jajarannya.

Dalam pertemuan yang didampingi oleh tim dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Prof. Madya. Abd. Hair Awang, Prof. Madya Jalaluddin Abd. Malek, dan Iskandar Zainuddin, SP., M.Si. dibicarakan agenda kegiatan mahasiswa di kampung yang berdurasi selama kurang lebih 1 (satu) bulan.

Agenda yang dibicarakan antara lain, observasi industri pembalakan hutan, magang di klinik kesehatan kampung, pengajaran ilmu-ilmu dasar di sekolah dasar dan sekolah menengah kejuruan, observasi ke industri kilang kelapa sawit, magang di kantor polisi setempat, magang di kantor kampung, penguatan aktivitas organisasi bulan sabit merah, penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat asli dalam bidang pertanian, perkebunan serta peternakan, program pemberdayaan sosial terhadap pemuda kampung.

Rencana program kerja tersebut disambut dan diapresiasi dengan sangat baik oleh pihak dewan kampung Sri Makmur. Mereka dengan senang hati akan memfasilitasi dan menjaga mahasiswa KKN Internasional Unhas selama berada di lokasi KKN.
Pihak pemerintah Kampung Sri Makmur, Mohd Khairil Azri bin Mohd Dhar menambahkan,” Kami berharap mahasiswa KKN Unhas dapat membantu kami dalam mengorganisir dan melaksanakan pertandingan olahraga yang setiap tahun dilaksanakan di kampung ini,”ujarnya.

Selain itu, aktivitas mahasiswa KKN Internasional juga akan diimbangi dengan kegiatan penelitian, dimana mahasiswa melakukan pengumpulan data sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Data-data tersebut rencananya akan diolah bersama para supervisor KKN Internasional untuk dibuat menjadi artikel ilmiah yang dapat dipublikasikan pada jurnal internasional. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...