Preview Chelsea vs Arsenal: Tolong, Emery!

Rabu, 29 Mei 2019 - 10:08 WIB
Unai Emery mencium trofi Liga Europa saat mengantar Sevilla juara/Martin Rose/Getty Images

FAJAR.CO.ID, BAKU—Arsenal akan menantang Chelsea di final Liga Europa 2018/2019, dinihari nanti. Energi juara Unai Emery dibutuhkan The Gunners yang berharap trofi sekaligus tiket Liga Champions.

Liga Europa memang sangat bersahabat dengan manajer Arsenal itu. Bersama klub terdahulunya, Sevilla, pelatih berpaspor Spanyol tersebut sudah menunjukkan dirinya sebagai penguasa kompetisi antar-klub kelas dua Eropa ini.

Tiga kali ia memimpin Sevilla di final, seluruhnya berakhir juara. Hattrick juara diawali Emery pada 2014 ketika memimpin timnya menang adu penalti 4-2 atas Benfica. Setelah itu, eks pelatih PSG itu mengalahkan Dnipro Dnipropetrovsk dengan skor 3-2 di 2015. Tahun berikutnya, Emery meraih gelar ketiganya usai menggasak Liverpool dengan skor 3-1.

Makanya, tidak berlebihan kalau fans Arsenal berharap banyak pada keberuntungan dan taktik jitu Emery di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan. Apalagi, selain gengsi derbi, mereka juga ingin bisa mengakhiri dahaga gelar dan meraih tiket Liga Champions lewat kompetisi ini.

Arsenal seperti diketahui terakhir kali mengangkat trofi Eropa saat menjadi kampiun Piala Winners 1994. Setelah itu, tidak pernah lagi ada selebrasi juara klub London Utara itu. Khusus tiket Liga Champions, ini harapan terakhir mereka setelah hanya finis di posisi kelima Premier League.

Emery pun sangat menyadari vitalnya laga ini. “Final itu sangat penting. Kami ingin menunjukkan kemungkinan kami untuk memenangkan satu gelar. Yang paling utama saya ingin memainkan pertandingan ini dengan suasana besar dan dengan emosi besar di stadion,” katanya di situs klub.

Tapi, Emery yang tidak bisa memainkan Henrikh Mkhitaryan memastikan ini bukan pekerjaan mudah. Karena itu, ia meminta timnya bisa berkonsentrasi dan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya. “Kami harus memiliki ambisi dan fokus besar untuk melakukan sesuatu yang besar,” kata Emery di Express.

Granit Xhaka menambahkan, sebagai salah satu raksasa Eropa, mereka harus bisa mengalahkan Chelsea agar kembali tampil di Liga Champions musim depan. Bagi gelandang internasional Swiss itu, ini kesempatan yang tidak bisa mereka lewatkan.

“Kami harus berada di Liga Champions. Kami tidak bermain di sana selama dua tahun dan kami harus berada di sana musim depan. Kami ingin bermain melawan tim terbaik, dan tim terbaik ada di Liga Champions. Jika Anda berada di Final Liga Europa dan dapat mengambil trofi, masuk ke Liga Champions, kami akan mengambilnya,” tegas Xhaka di The Mirror.

Kubu Chelsea yang sudah pasti lolos ke Liga Champions menyadari besarnya ambisi Arsenal. Makanya, Manajer The Blues, Maurizio Sarri yang terancam dipecat kalau gagal juara meminta anak asuhnya tidak santai. “Kami berisiko punya motivasi lebih kecil daripada lawan. Namun, mereka mungkin punya tekanan lebih besar ketimbang kami,” kata Sarri di Standard.

Sarri tanpa Callum Hudson-Odoi, Ruben Loftus-cheek, Antonio Rudiger, dan N’Golo Kante di laga ini. Tapi, bintang lain seperti top skor, Olivier Giroud dan Eden Hazard siap tempur. Nama terakhir yang hampir dipastikan akan hengkang ke Real Madrid bahkan sudah menjanjikan gelar juara sebagai kado perpisahannya.

“Itu akan menjadi trofi terakhir yang menyenangkan. Saya hanya ingin memenangkan trofi, itu saja. Tidak masalah jika saya mencetak gol atau saya tidak mencetak gol. Jika ini adalah pertandingan terakhir saya, saya berharap bisa membawa trofi. Ya, [itu akan menjadi perpisahan yang sempurna],” ujarnya di The Telegraph.

Pada pertemuan terakhir kedua klub, Januari lalu, Arsenal menang 2-0 atas Chelsea. Akan tetapi, Chelsea musim ini sangat tangguh di Eropa. Dalam 17 laga terakhir, mereka tidak terkalahkan di Liga Europa. (amr)

Prakiraan Pemain

Chelsea (4-3-3): Kepa; Azpilicueta, Christensen, Luiz, Alonso; Jorginho, Barkley, Kovacic; Pedro, Giroud, Hazard

Arsenal (3-4-1-2): Cech; Sokratis, Koscielny, Monreal; Niles, Xhaka, Torreira, Kolasinac; Ozil; Aubameyang, Lacazette

Head to head

19/01/19 Arsenal 2-0 Chelsea

18/08/18 Chelsea 3-2 Arsenal

01/08/18 Arsenal 1-1 Chelsea

24/01/18 Arsenal 2-1 Chelsea

10/01/18 Chelsea 0-0 Arsenal

Lima pertandingan terakhir Chelsea

12/05/19 Leicester 0-0 Chelsea

09/05/19 Chelsea 1-1 Eintracht

05/05/19 Chelsea 3-0 Watford

02/05/19 Eintracht 1-1 Chelsea

28/04/19 Manchester United 1-1 Chelsea

Lima pertandingan terakhir Arsenal

12/05/19 Burnley  0-0 Arsenal

09/05/19 Valencia 2-4 Arsenal

05/05/19 Arsenal 1-1 Brighton

02/05/19 Arsenal 3-1 Valencia

28/04/19 Leicester 3-0 Arsenal

loading...

2 thoughts on “Preview Chelsea vs Arsenal: Tolong, Emery!

Comments are closed.