Sillanan Jadi Desa Wisata, ‘ Hollywood-nya’ Toraja

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,TORAJA–Kawasan perkampungan adat ‘Maduang Tondok di Sillanan , Lembang Sillanan, Kecamatan Gandasil digagas jadi pusat desa wisata . Fasilitasi kegiatan tersebut, dinas pariwisata dan dinas kebudayaan lakukan sosialiasi dengan para para tokoh masyakarat setempat di kawasan Tongkonan Pangrapa’ .

Selain unik dan bernilai budaya, kawasan ini jadi lokasi syuting beberapa film, tak berlebihan jika situs budaya ini disebut hollywood-nya Toraja.

Rosvyta Napa, Kadis Pariwisata Tator sebut kawasan perkampungan adat punya kenangan tersendiri. Setidaknya sudah dua film dibuat berlokasi di kawasan tersebut. Film itu adalah Dodeng dan Matahari di Bukit Sillanan . Dispar janjikan untuk promosi, kawasan Pangrapa Ma’ duang Tondok itu akan jadi lokadi sejumlah event wisata Toraja

” Ini hollywoodnya Toraja, begitu indahnya dan uniknya lokasi ini, sampai dilirik untuk jadi lokasi syuting seluruh adegan dalam dua film, kita siap untuk pembenahan kawasan, karena kita butuh kesiapan dan masukan, ” ungkap Rosvyta, Rabu 29 Mei.

Posisi rumah tongkonan tersusun rapi sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu. Situs tersebut sudah diusulkan kawasan warisan budaya dunia. Warga minta agar pola pengelolaan dan perbaikan sarana prasarananya segera dibenahi. “Kami berterimah kasih atas upaya ini, semoga segera diwujudkan, ” kata Marthen Galigo, tokoh masyarakat Sillanan. (fkt)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...