Hajar Arsenal 4-1, Chelsea Juara Liga Europa

Kamis, 30 Mei 2019 - 03:52 WIB
Chelsea juara Liga Europa 2018/2019/Getty Images

FAJAR.CO.ID, BAKU—Chelsea menjadi jawaran Liga Europa 2018/2019 usai menghajar Arsenal di final. The Blues menang 4-1 atas klub sekotanya dengan Eden Hazard mencetak dua gol. Ini adalah gelar kedua Chelsea di Liga Europa. Sedangkan bagi Arsenal, hasil ini membuat mereka kembali absen d Liga Champions musim depan.

Jalannya Pertandingan

Pada laga di Baki Olimpiya Stadionu, Kamis, 30 Mei, Chelsea mendikte Arsenal sejak awal. Mereka mampu unggul penguasaan bola 55 % berbanding 45 % bagi Arsenal. Dengan keunggulan penguasaan bola itu, mereka pun bisa lebih sering mengancam.

Tercatat, Chelsea yang memainkan Pedro Rodriguez, Eden Hazard, dan Olivier Giroud memiliki dua peluang emas di dalam kotak penalti. Beruntung, Petr Cech tampil luar biasa dalam mengamankan gawangnya.

Sebaliknya, Arsenal sepanjang 45 menit pertama sama sekali tidak mampu melepaskan tembakan tepat sasaran. Skor 0-0 pun menjadi hasil akhir di babak pertama laga yang dipimpin wasit Gianluca Rocchi asal Italia tersebut.

Kembali dari ruang ganti, Chelsea kembali langsung menekan. Pada menit ke-48, mereka pun mampu membuka keunggulan. Diawali umpan Emerson dari sisi kiri, Giroud menyundul bola ke sudut kanan gawang yang tidak bisa dijangkau Cech.

Unggul 1-0, Chelsea masih terus menekan. Dan pada menit ke-58, mereka mampu menggandakan keunggulan. Gol kedua The Blues dilesakkan Pedro lewat sepakan kaki kiri usai menerima umpan dari Hazard di dalam kotak penalti.

Gol kedua Chelsea seperti meruntuhkan mental Arsenal. Pada menit ke-63, gawang mereka kembali kebobolan. Diawali umpan terobosan Pedro, Giroud dijatuhkan Ainsley Niles di kotak penalti. Wasit menganggap itu pelanggaran dan Hazard dengan mudah menaklukkan Cech. Tendangannya ke sisin kanan tidak mampu dibaca Cech.

Tertinggal 0-3, Manajer Arsenal, Unai Emery melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Matteo Guendouzi dan Alex Iwobi di menit ke-66 menggantikan Nacho Monreal dan Lucas Torreira. Pergantian itu langsung membuahkan hasil dimana Iwobi mampu memperkecil ketertinggalan melalui tendangan keras dari luar kotak penalti.

Namun, berawal dari kesalahan di lini tengah, Hazard yang bekerja sama dengan Giroud kembali memperlebar jarak di menit ke-71. Hazard dengan kecepatannya menusuk hingga ke kotak penalti sebelum memberi umpan ke Giroud. Bomber Prancis itu lalu mengirim bola ke depan gawang dimana Hazard sudah menunggu. Tanpa kesulitan, winger Belgia itu menaklukkan Cech dengan sepakan kaki kiri.

Emery kembali menambah penyerang setelah tertinggal 1-4. Joseph Willock dimasukkan menggantikan Mesut Ozil di menit ke-78. Akan tetapi, bukannya memberi ancaman, gawang mereka nyaris jebol lagi di menit ke-77. Beruntung, tendangan keras Willian yang menggantikan Pedro di menit ke-71 bisa ditepis Cech.

Arsenal punya peluang emas memperkecil ketertinggalan di menit ke-82 setelah Alexandre Lacazette mampu berhadapan langsung dengan kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. Namun, tendangannya masih melenceng tipis di sisi kiri tiang gawang. Skor 4-1 menjadi hasil akhir.

Bagi Chelsea, ini adalah gelar Liga Europa kedua mereka sepanjang sejarah klub London tersebut. Sebelumnya, mereka juga menjadi kampiun di musim 2012/2013. Sementara bagi Arsenal, hasil ini memperpanjang paceklik gelar mereka. The Gunners terakhir menjadi jawara di Eropa saat memenangi Piala Winners pada 1994. (Live Score/RCTI/amr)

Susunan Pemain

Chelsea: Kepa; Azpilicueta, Luiz, Christensen, Emerson; Jorginho, Kante, Kovacic (Barkley 76’); Hazard (Zappacosta 88’), Giroud, Pedro (Willian 71’)

Arsenal: Cech; Sokratis, Koscielny, Monreal (Guedouzi 66’); Niles, Torreira (Iwobi 66’), Xhaka, Kolasinac; Ozil (Willock 78’); Lacazette, Aubameyang