Kemenag Sidang Isbat 3 Juni, Undang Dubes Negara Sahabat

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1440 H akan digelar 3 Juni mendatang. Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan memimpin langsung sidang isbat.

Melalui mekanisme sidang isbat tersebut, Kemenag akan menetapkan kapan umat muslim Indonesia akan berhari raya Idulfitri, 1 Syawal 1440 H.

“Sidang isbat awal Syawal akan dilaksanakan pada Senin, 3 Juni 2019 M di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta,” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin, Kamis (30/5).

MotoGP Italia: Pertarungan Tuan Rumah vs Rider Spanyol

Menurut Amin, sidang isbat akan dihadiri para Duta Besar negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, serta Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

“Sidang isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan Qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah,” ujarnya.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Agus Salim menjelaskan, rangkaian Sidang Isbat diawali dengan pemaparan secara terbuka mengenai posisi hilal berdasarkan data hisab oleh pakar astronomi. Rukyatul hilal akan dilaksanakan pada Senin sore.

Usai Salat Subuh di Masjid Al-Haq, Iqbal Ingatkan Jaga Kebersihan dan Serahkan 1 Unit Fukuda

Selepas Magrib, lanjut Agus, digelar Sidang Itsbat tertutup yang dipimpin Menag. Dalam sidang tersebut, Direktur Urais dan Binsyar akan melaporkan hasil pemantauan hilal (rukyatul hilal) yang dilakukan pada 105 titik lokasi di seluruh Indonesia.

“Laporan itu akan dijadikan dasar pengambilan keputusan penetapan 1 Syawal,” jelasnya. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...