Penurunan Daya Ingat bagi Lansia, Bantu dengan Terapi Kenangan

FAJAR.CO.ID--Demensia yang kerap menyerang lansia ditandai dengan terjadinya penurunan kemampuan dalam mengingat sesuatu. Kondisi ini juga bisa terjadi pada penderita Alzheimer.

Jika lansia sudah mengalaminya, identitas pribadi dapat terlupakan dengan mudah seiring dengan menurunnya kemampuan kognitif.

Meski demikian, peristiwa masa lampau yang dikenang masih dapat diingat pada kedua kondisi tersebut. Foto, barang yang berharga, serta lagu-lagu favorit dapat menstimulasi pikiran yang disukai dari masa lampau para pengidap demensia.

Ikatan yang kuat antara orang yang memiliki demensia dengan keluarga dan kerabat, serta pemicu seperti tempat-tempat yang memiliki kenangan tertentu dapat menjadi dasar untuk membentuk terapi khusus, sehingga membantu mengingat riwayat pribadinya. Lalu, apakah yang disebut terapi kenangan?

Mengenal Terapi Kenangan

Terapi kenangan atau reminiscence therapy merupakan suatu metode yang menggunakan segala panca indra – penglihatan, perabaan, pengecapan, penciuman, serta pendengaran – untuk membantu lansia dengan demensia mengingat kejadian, orang, serta tempat di kehidupan lampau.

Sebagai bagian dari terapi, para pengasuh dapat menggunakan objek dalam berbagai kegiatan untuk membantu mengingat kenangan tertentu. Dikutip dari klikdokter.com, berbagai komponen terapi kenangan dapat melibatkan aktivitas sederhana seperti bercakap-cakap, juga bentuk terapi klinis lain yang dapat memicu pikiran bawah sadar akan ingatan masa lampau.

Bercerita mengenai kejadian masa lampau dapat membantu pengidap demensia merasa tidak terlalu terisolir dan lebih memiliki koneksi terhadap masa kini. Nah, berikut ini adalah contoh dari terapi kenangan yang menggunakan semua panca indra:

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...