Politikus PKB: Fadli Zon Tak Usah Banyak Omong

Kamis, 30 Mei 2019 - 12:26 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin (TKN Jokowi-Ma’ruf), meminta Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon tidak banyak berbicara terkait kasus dugaan makar yang membuat Eggi Sudjana dan Lieus Sungkarisma ditahan.

Menurut Wakil Ketua TKN, Abdul Kadir Karding, Fadli bisa menyarankan kedua orang itu menggunakan hak hukumnya, bukan malah membentuk opini ada penegakan hukum tak sesuai aturan.

Jokowi-Prabowo Segera Bertemu, Ini Tanda-tandanya menurut Moeldoko

“Saya kira polisi sudah bekerja serius, bekerja sesuai prosedur. Saya kira polisi tidak mungkin menetapkan tersangka tanpa alat bukti yang kuat, yang cukup, paling tidak dua alat bukti,” kata Karding, Kamis (30/5).

Politikus PKB ini melanjutkan, penahanan terhadap kedua orang itu juga merupakan wewenang polisi. Hal itu sudah diatur dalam KUHAP.

“Bahwa ada yang tidak puas dan lain-lain, itu sesuatu yang wajar dan menurut saya mereka bisa menempuh praperadilan. Agar tidak terlalu ngomong di luar yang membangun opini yang belum tentu benar dan bisa jadi menyesatkan,” kata Karding.

Salam Tempel Rp50 Ribu, Ribuan Lansia dan Anak-anak Rela Antre Berjam-jam

Di praperadilan, kata Karding, Lieus atau Eggi bisa mempermasalahkan semua proses hukum yang terjadi kepada masing-masing orang. Karding menyarankan mereka untuk menggunakan jalur itu sebagai bentuk koreksi kepada proses penyidikan. “Jadi kita enggak usah terlalu banyak ngomong dan dan sebagainya,” tandas Karding. (jpnn)