Bagi Ibu Hamil, Inilah Manfaat Jalan Kaki

FAJAR.CO.ID--Berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 2015, tercatat 803 kematian ibu hamil setiap harinya. Yang mengagetkan, 99 persen di antaranya terjadi di negara berkembang, dan Indonesia menjadi salah satunya. Sebagian penyebabnya adalah kondisi kehamilan yang tidak sehat. Nah, hal ini bisa dicegah dengan jalan kaki.

Menurut dr. Dyan Novita Anggraini dari KlikDokter, olahraga penting dilakukan ibu hamil pada trimester ketiga, agar stamina tetap terjaga saat proses persalinan.

“Dengan berolahraga, sirkulasi darah ke janin akan lebih lancar. Selain itu, olahraga juga bisa membantu ibu hamil membuka jalan lahir dan memperkuat otot-otot yang akan digunakan selama persalinan,” ucap wanita yang akrab disapa dr. Vita ini, dikutip dari klikdokter, Jumat (31/5).

Di usia kehamilan, ibu hamil mungkin tidak disarankan untuk melakukan aktivitas yang terlalu berat. Meski demikian, menggerakkan tubuh juga sangat disarankan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Berikut ini adalah manfaat jalan kaki, seperti dilansir dari situs kesehatan Babyologist:

Mengurangi risiko terjadi keguguran

Berjalan kakilah di pagi hari, atau di lingkungan yang terhindar dari polusi udara. Oksigen yang Anda hirup akan dialirkan menuju plasenta bayi, sehingga mendukung pertumbuhan janin dan juga berguna untuk memperkuat rahim.

Menyoal kapan waktu yang tepat untuk berjalan kaki, dijelaskan oleh dr. Anita amalia Sari kepada KlikDokter, “Jalan kaki di kehamilan trimester akhir sebenarnya dapat dilakukan kapan saja, tak harus di pagi hari. Yang terpenting Anda merasa senang dan nyaman saat melakukannya.”

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...