KPK Terima Laporan Gratifikasi 1 Ton Gula Pasir dan SGD1.000


FAJAR.CO.ID–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima laporan gratifikasi berupa 1 ton gula pasir senilai Rp10 juta, dari salah satu pemerintah daerah (Pemda) dan laporan gratifikasi berupa uang sejumlah SGD1.000.Kedua laporan tersebut berkaitan dengan pemberian hadiah menjelang Lebaran atau Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah.“KPK menerima pelaporan gratifikasi berupa 1 ton gula pasir dari salah satu pemerintah daerah senilai Rp10 juta, dan penerimaan gratifikasi dalam bentuk uang sebesar SGD1.000,” kata Jubir KPK, Febri Diansyah melalui pesan singkat, Jumat (31/5).

Suap di PUPR, KPK Jebloskan Satu Keluarga ke Penjara

Hingga hari ini, KPK telah menerima sekitar 44 laporan gratifikasi yang berkaitan dengan Lebaran. Laporan gratifikasi berasal dari sejumlah kementeriaan, lembaga, Pemda, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).“Kedua pelaporan (1 ton gula dan SGD 1.000) tersebut merupakan bagian dari total 44 laporan gratifikasi yang diterima KPK dari Kementerian/Lembaga, Pemda, dan BUMN selama bulan Ramadan hingga hari ini terkait perayaan Idul Fitri 2019,” ucap Febri.Selain gula pasir dan uang Dollar Singapura, gratifikasi lainnya yang dilaporkan kepada KPK di antaranya parsel kue lebaran, karangan bunga, bahan makanan, hingga uang kisaran Rp50 ribu sampai Rp4 juta.“Sehingga, total nilai gratifikasi yang dilaporkan sebesar Rp39.183.000 dan SGD 1.000,” tutur mantan peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) ini.

5 Resep Ketupat Agar Hasilnya Legit dan Enak

Menurut Febri, 44 pelaporan gratifikasi yang diterima KPK paling banyak berasal dari Kementerian/Lembaga sebanyak 36 laporan, pemerintah daerah lima laporan, dan BUMN tiga laporan. Dari laporan yang disampaikan tersebut terdapat 5 laporan penolakan atas penerimaan gratifikasi. Sisanya adalah gratifikasi yang diterima oleh pelapor untuk kemudian dilaporkan kepada KPK.

Komentar

Loading...