Peringatan Hari Al-Quds di Makassar, Bendera Israel Dibakar Massa

Jumat, 31 Mei 2019 - 20:40 WIB
Massa aksi membakar bendera Israel sebagai protes atas penjajahan Israel di Palestina. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Peringatan Hari Al Quds Internasional digelar di sejumlah kota besar di Indonesia. Seperti di Jakarta, Surabaya, Semarang, termasuk Kota Makassar.

Di Kota Daeng, peringatan Al Quds dilakukan di dua titik berbeda, masing-masing di depan Monumen Mandala, dan di Pantai Losari.

Informasi yang dihimpun awak media, acara di depan monumen Mandala digelar oleh gabungan sejumlah ormas. Di antaranya Yayasan Al-Muntazhar, HMI-MPO, HPPMI Maros, dan mahasiswa UNM.

Mereka membagikan ifthar, selebaran, dan stiker. Ratusan peserta aksi juga membawa bendera Palestina, spanduk dan banner tentang Al Quds.

Acara itu dikawal oleh puluhan aparat kepolisian. Acara berlangsung pada Jumat, 31 Mei 2019, bertepatan dengan 26 Ramadan 1440 H, dari pukul 16.00 wita sampai 17.00 wita.

Sementara di Pantai Losari, acara digelar oleh DPW Ahlul Bait Indonesia (ABI) Sulsel. Mereka juga membagikan ifthar, mawar merah putih, serta menggelar pameran foto tentang kondisi Palestina.

Di akhir acara, dilaksanakan orasi singkat mengenai Palestina, pembakaran bendera Israel, serta pembacaan doa.

“Mampuslah Israel, hapuskan Israel dari dunia,” demikian beberapa kalimat yang dipekikkan peserta. Acara tersebut dihadiri ratusan peserta dari pelbagai kalangan, serta peserta dari beberapa daerah di Sulawesi Selatan dan Barat.

Sekadar diketahui, Yaumul Quds adalah hari Jumat terakhir di bulan Ramadhan, yang ditetapkan oleh mendiang pemimpin revolusi Islam Iran, Imam Khomeini sebagai hari solidaritas untuk Palestina. Peringatan ini kemudian berkembang dan dilaksanakan di pelbagai negara. (rls)