Tonasa, Industri Semen Pertama di Indonesia Kantongi Sertifikat Energi Berbasis ISO 50001

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PANGKEP — PT Semen Tonasa berhasil mengantongi Sertifikat ISO 50001:2011 dari lembaga sertifikasi Sucofindo International Certification Services.
Hal itu yang menyatakan bahwa PT Semen Tonasa telah menerapkan Sistem Manajemen Energi yang memenuhi standar ISO 50001:2011 ruang lingkup Industry Heavy dan Energy Suplay pertanggal 23 Mei 2019. Ini yang menjadikan PT Semen Tonasa sebagai perusahaan Industri Semen pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat Sistem Manajemen Energi berbasis ISO 50001.
Manajemen Representatif (MR) PT Semen Tonasa, Sariatun menjelaskan bahwa, ada beberapa hal yang mendasari Semen Tonasa untuk mendapatkan ISO 50001.
“Itu sesuai dengan visi perusahaan untuk menjadi perusahaan persemenan terkemuka yang berwawasan lingkungan dimana efisiensi energi merupakan salah satu fokus perusahaan,” jelasnya, Jumat, 31 Mei 2019.
Katanyan, ISO 50001 sendiri merupakan suatu standarisasi dalam melakukan penghematan energi, dimana  biaya energi untuk suatu industri semen diperkirakan sebesar 30 persen.
“Sehingga ini menjadikan suatu hal yang strategis untuk dikelola dan sangat signifikan bagi perusahaan apabila bisa menghemat energi. Hal tersebut akan berdampak pada Harga Pokok Produksi (HPP) yang bisa lebih rendah sehingga memungkinkan untuk  lebih memiliki daya saing di era yang kompetitif seperti saat ini,” bebernya. (fit)
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...