Hormati Pejalan Berpuasa, Ditjen Pemasyarakatan Bagi-bagi Takjil

JAKARTA—Selama Ramadhan, saat sore menjelang maghrib tampak kegiatan baru rutin muncul di Jalan Veteran, Jakarta Pusat. Puluhan orang berseragam membagikan paket takjil kepada para pengendara yang lewat. Mereka adalah para petugas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) yang meneruskan tradisi tahunan menghormati para pelaku puasa yang tengah dalam perjalanan.

Orang-orang berseragam--dominan biru muda dan sementara lainnya putih itu, tampak menyapa satu persatu pengendara yang lewat dengan sapaan kecil dan singkat. Dengan cekatan paket pembuka puasa atau ifthar itu segera berpindah tangan, manakala para pengendara mau menerima. Hanya satu dua yang menolak, itu pun tampaknya karena mereka telah punya persiapan minuman atau makanan kecil pembuka dan memberi kesempatan paket itu diterima sesama pengendara lain yang luput mempersiapkan diri. Selama itu, tak terhitung ucapan terima kasih berbalasan di antara para petugas Ditjen PAS  dengan pengendara, menenangkan hati siapa pun yang mendengarnya.

“Kami melihat banyak pengendara yang lupa mempersiapkan makanan dan minuman pembuka puasa,” kata Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utami, saat memonitor kegiatan tersebut, Jumat sore 31 Mei. “Artinya, itu juga kesempatan buat kami untuk berbagi.” Menurut Utami, kegiatan itu dilaksanakan rutin setiap tahun di bulan Ramadhan. “Dan bukan hanya di sini, tetapi banyak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di berbagai daerah yang juga melakukannya.”

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi Fajar


Comment

Loading...